Agribisnis Perikanan Budidaya

Kebutuhan masyarakat akan sumber pangan hewani semakin meningkat. Ikan adalah salah satu produk pangan hewani yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh masyarakat melalui program pemerintah yaitu Gemarikan (Gerakan memasyarakatkan makan ikan).s

Departemen Agribisnis Perikanan Budidaya sebagai salah satu unit kerja di PPPPTK Pertanian Cianjur menawarkan berbagai macam program diklat sekaligus produk yang tidak hanya untuk produk ikan konsumsi tetapi juga sudah merambah pada produksi non konsumsi yaitu produksi ikan hias yang ikut menjadi salah satu produk andalan nasional.

 Core Bisnis Departemen Agribisnis Perikanan Budidaya adalah:

  1. melaksanakan Pendidikan, Pengajaran dan Pelatihan dalam lingkup agribisnis perikanan budidaya,
  2. melaksanakan kegiatan produksi agribisnis perikanan budidaya melalui metode unit produksi dan teaching factory serta,
  3. unit kerja mitra konsultatif dalam bidang agribisnis perikanan budidaya untuk masyarakat pendidikan (Sekolah) dan masyarakat umum (petani dan pengusaha bidang agribisnis perikanan budidaya)

Beberapa kegiatan diklat yang saat ini ditawarkan dan diselenggarakan terbagi menjadi lingkup besar yaitu;

  1. Budidaya ikan air tawar
  2. Budidaya ikan hias

Kedua kegiatan besar budidaya ini terbagi dalam berberapa klaster secara umum dari mulai ; proses pembenihan, pendederan, pembesaran dan pemasaran. Semua proses kegiatan budidaya tersebut diperkuat dengan pemahaman dan keterampilan tentang pengelolaan kualitas air, pengendalian hama dan penyakit ikan, budidaya pakan alami/ pembuatan pakan buatan serta hal pendukung lainnya yang telah dipersiapkan secara sistematis.

Kegiatan produksi ikan melalui unit produksi dan teaching factory antara lain; Budidaya ikan nila, ikan gurame, ikan lele, ikan koi, ikan hias jenis koki, black ghost, memphis dlsb, serta memperkenalkan penguatan inovasi melalui system aquaponik dan biofloc.

Sebagai unit penyelenggara diklat, unit kerja Departemen Agribisnis Perikanan Budidaya menyelenggarakan uji kompetensi untuk masyarakat pendidikan/  masyarakat umum; Budidaya ikan Air Tawar dan Budidaya Ikan Hias. Sertifikat yang diterbitkan sesuai  Badan Nasional Standarisasi Profesi melalui LSP-1 dan LSP-2 VEDCA serta sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) Perikanan VEDCA dari LSP-3 Perikanan & Kelautan.

Was This Post Helpful:

1 votes, 5 avg. rating

Share this

admin pppptk