BBPPMPV BMTI DAN BBPPMPV PERTANIAN GELAR VOKASI KOLABORASI TAHUN 2022

Kepala BBPPMPV BMTI dan PLT. Kepala BBPPMPV Pertanian Supriyono, M.Si. saat memberikan paparan program BBPPMPV BMTI dan BBPPMPV Pertanian pada Gelar Pendidikan Vokasi Tahun 2022 (23/06/2022), Foto: MS

Cimahi, BBPPMPV Pertanian—Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri (BBPPMPV BMTI) dan BBPPMPV Pertanian menyelenggarakan “Gelar Pendidikan Vokasi Tahun 2022”, berlangsung 22 s.d. 24 Juni 2022 di Bale Pancaniti BBPPMPV BMTI, Jalan Pasantren KM 2, Cibabat-Cimahi-Jawa Barat.

Gelar Pendidikan Vokasi Tahun 2022 mengambil tema “Kolaborasi antara Ditjen Diksi dan Industri dan Dunia Kerja dalam mewujudkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia”. Kegiatan tersebut merupakan  upaya BBPPMPV BMTI dan BBPPMPV Pertanian sebagai bagian dari pemangku kepentingan pengelola pendidikan vokasi dalam usaha menunjukkan hasil produk dari pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan dilingkungan satuan pendidikan vokasi (SMK) dan lembaga penyelenggara pendidikan tinggi  vokasi (Politeknik) kepada masyarakat pendidikan yang relevan.

Kegiatan Gelar Pendidikan Vokasi Tahun 2022 dilaksanakan dengan tujuan:

  1. Menguatkan program Link and Match antara Lembaga pendidikan dan dunia usaha/industri untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan tuntutan kompetensi dunia usaha/industri;
  2. Peluncuran produk inovasi hasil dari satuan pendidikan vokasi dan industri yang telah terkurasi dengan model metaverse maupun produk riil;
  3. Memperkenalkan produk dan program unggulan BBPPMPV BMTI – BBPPMPV Pertanian serta Balai lainnya di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.

Hasil yang ingin dicapai dari kegiatan ini  adalah “Terwujudnya  program Link and Match antara lembaga pendidikan dan dunia usaha/industri yang berkualitas dan semakin luas ruanglingkupnya, dan tersampaikannya hasil produk dan program unggulan BBPPMPV BMTI- BBPPMPV Pertanian”.

BBPPMPV BMTI memamerkan beragam produk vokasi hasil karya dari berbagai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan sejumlah Politeknik yang ada di Jawa Barat, sementara BBPPMPV Pertanian memamerkan beragam produk pengembangan teaching factory budidaya pertanian dan pengolahan hasil pertanian dari 10 (sepuluh) SMK bidang pertanian dari di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kepala BBPPMPV BMTI dan PLT. Kepala BBPPMPV Pertanian Supriyono, M.Si. saat mencoba motor listrik produk SMK (23/06/2022), Foto: MS

Turut hadir pada acara tersebut Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sekaligus Plt. Direktur Jenderal Bidang Vokasi Ir. Suharti, M.A.,Ph.D. secara daring, dan hadir pula secara luring Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dan Plt. Direktur Kursus dan Pelatihan Dr. Wartanto, M.M., Direktur Sekolah Menengah Kejuruan, Ditjen Pendidikan Vokasi Dr. Drs. Wardani Sugiyanto, M.Pd., dan Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi Dr. Henri Togar Hasiholan Tambunan, S.E.,M.A.

Selain BBPPMPV BMTI dan BBPPMPV Pertanian sebagai tuan rumah, turut berpartisifasi pula dari BBPPMPV Seni dan Budaya Yogyakarta, BBPPMPV BOE Malang, BBPPMPV BBL Medan, BBPPMPV Bispar Sawangan-Depok, dan BBPPMPV KPTK Gowa-Sulsel.

Dalam sambutannya Plt. Direktur Jenderal Bidang Vokasi Suharti mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kepala BBPPMPV BMTI Supriyono, M.Si. yang telah menginisiasi kegiatan Vokasi Vokaborasi 2022.

Lebih lanjut Suharti mengatakan, “….kita harus memastikan produk inovasi hasil dari satuan pendidikan vokasi dan industri dapat menembus pasar dan jangan hanya berhenti di pameran saja, hasil karya harus dipastikan berkualitas dan diminati masyarakat”.

“Kita harus menunjukan produk kita bernilai dan memastikan masyarakat Indonesia benar-benar cinta produk dalam negeri, dan pastinya gerakan bangga buatan Indonesia harus terus digaungkan dan industri harus semakin terlibat dalam pendidikan vokasi”, pungkasnya.

Dari kiri: Guru SMKN 1 Temanggung, Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi Dr. Henri Togar Hasiholan Tambunan, S.E.,M.A., Kepala BBPPMPV BMTI dan PLT. Kepala BBPPMPV Pertanian Supriyono, M.Si., dan Kabag TU BBPPMPV Pertanian Hedi Holidin, SP.,M.Si. saat mengunjungi stand SMKN 1 Temanggung di arena pameran Gelar Pendidikan Vokasi Tahun 2022 (23/06/2022), Foto: MS

Melalui Gelar Pendidikan Vokasi 2022 berharap terjalin harmonisasi antara pendidikan vokasi dan industri yang akan menghasilkan sumber daya manusia dengan kemampuan yang diakui industri dan tingkat kebekerjaan yang tinggi, semoga.

Cianjur, 27 Juni 2022
Penulis berita              :   Maman Suratman, SP.
Editor/Verifikator       :   Suhardi, SH, M.Pd., Drs. Hamdan Nasution, Sujadi
Penanggung jawab      :   Mochamad Eka Budiman, S.TP., M.IL.
Sumber/referensi        :   1. Panduan Gelar Vokasi 2022
                                        2. Liputan langsung


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Nungky fitri

Leave a Comment

five × 4 =