BBPPMPV PERTANIAN LATIH CALON PEKERJA MIGRAN INDONESIA (CPMI) KE UNITED KINGDOM

Salah seorang Teknisi  BBPPMPV Pertanian Edi Suwarno, S.IP. (berkaos warna telor asin) saat mendampingi peserta mengoperasikan traktor pada peserta pelatihan CPMI (09/04/2022), Foto: MS

Cianjur, BBPPMPV Pertanian—Dalam rangka kolaborasi pengembangan inovasi sumberdaya bidang vokasi pertanian, Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Cahaya Hati International menyelenggarakan “Pelatihan Pembekalan bagi Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) Bidang Pertanian Musiman (Seasonal Agricultural Workers)  ke United Kingdom tahun 2022”.

Pelatihan dilaksanakan di BBPPMPV Pertanian, Jalan Raya Jangari KM. 14, Sukajadi, Karangtengah, Cianjur diikuti 150 peserta dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, dilaksanakan secara bertahap, tahap-1 tanggal 5 s.d. 16 April 2022 di ikuti 75 peserta  dan tahap-2 tanggal 11 s.d. 22 April 2022 di ikuti 75 peserta.

Kerjasama dan kolaborasi pengembangan inovasi sumberdaya bidang vokasi pertanian antara BBPPMPV Pertanian dengan LPK Cahaya Hati merupakan upaya dalam mendorong target pencapaian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Fungsional yang sesuai dengan tupoksi BBPPMPV Pertanian sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan.

Peserta pelatihan sedang praktek pemasangan mulsa plastik (09/04/2022), Foto: MS

Informasi yang diperoleh dari manajemen LPK Cahaya Hati International (Handri MS.), bahwa kegiatan pelatihan pembekalan CPMI dimulai tahun 2021 dengan program magang, di tahun 2022 kali ini kegiatan pembekalan dilakukan melalui program pelatihan yang telah disepakati dalam nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama antara LPK Cahaya Hati International dengan BBPPMPV Pertanian.

Masih menurut Handri, program pelatihan pembekalan bagi CPMI bidang pertanian akan terus dilakukan dengan target sampai akhir tahun 2022 sebanyak 1000 orang peserta sesuai dengan permintaan dari pihak agen di United Kingdom.

Sebagai persyaratan untuk setiap kandidat yang berminat bekerja sebagai tenaga kerja bidang pertanian musiman, minimal pendidikan SLTA, mempunyai kemampuan berbahasa inggris dibuktikan dengan sertifikat bahasa inggris dan mempunyai keahlian kerja (Skill Work) pertanian khususnya kompetensi panen dan pasca panen sayuran dan buah dibuktikan dengan menunjukkan sertifikat.

Melalui pelatihan pembekalan bagi CPMI bidang pertanian musiman (seasonal agricultural workers) ke United Kingdom tahun 2022 ini diharapkan peserta mendapatkan peningkatan kompetensi dan keterampilan dalam budidaya tanaman sayuran dan buah sesuai dengan perkembangan teknologi, dan setiap peserta memperoleh sertifikat pelatihan yang dapat digunakan untuk keperluan bekerja sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh mitra kerja di luar negeri khususnya di United Kingdom.

Cianjur, 11 April 2022

Penulis berita          :    Maman Suratman, SP.
Editor/Verifikator    :    Suhardi, SH, M.Pd., Drs. Hamdan Nasution, Sujadi
Penanggung jawab  :    Mochamad Eka Budiman, S.TP., M.IL.
Sumber/referensi     :    Hasil liputan dan Website BBPPMPV Pertanian


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Restu Aulia

Leave a Comment

10 + 6 =