BBPPMPV Pertanian Melaksanakan Pelatihan Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan SMK Berstandar Industri [Angkatan 1]

Kepala BBPPMPV Pertanian (Dr. Ir. Rdaden Ruli Basuni, MP.) saat membuka Pelatihan Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan SMK Berstandar Industri angkatan 1 (20/09), Foto: MS

Cianjur, BBPPMPV Pertanian—Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pada pasal 1 disebutkan “Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah”.

Guru SMK, terutama guru muatan produktif/kejuruan, memiliki peran penting dalam mendidik siswa agar kompeten di bidang kejuruannya. Dengan demikian, diharapkan guru mampu melaksanakan tugas-tugasnya dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan kondisi sosial dan teknologi terbaru.

Untuk memperoleh kesempatan mengembangkan dan meningkatkan kompetensi Guru Kejuruan SMK Bidang Pertanian, Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian menyelenggarakan Pelatihan Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan SMK Berstandar Industri angkatan 1, pembukaan berlangsung Senin, 20 September 2021 di Gedung Dewi Sartika BBPPMPV Pertanian Jalan Raya Jangari KM. 14, Sukajadi, Karangtengah, Cianjur, Jawa Barat.

Tujuan Pelatihan Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan SMK Berstandar Industri adalah untuk meningkatkan kompetensi bagi guru kejuruan SMK sesuai dengan standar industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (DUDIKA)

Pelaksanaan Pelatihan Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan SMK Berstandar Industri dilaksanakan selama 36 hari, yaitu dari tanggal 20 September s.d 26 Oktober 2021, yang terbagi kedalam 4 tahap kegiatan, yaitu :

  • Penguatan materi kompetensi keahlian sebelum magang di industri peserta diklat diberikan materi yang dilaksanakan secara tatap muka di BBPPMPV Pertanian selama 11 hari kerja efektif (79 JP @ 45 menit), dari tanggal, 20 s.d 30 September 2021;
  • Magang di industri dilaksanakan di DUDIiKA secara tatap muka selama 21 hari kerja efektif (148 JP @ 45 menit), dari tanggal, 2 s.d 21 Oktober 2021;
  • Kegiatan uji kompetensi keahlian akan dilaksanakan di DUDIKA selama 5 hari kerja efektif (40 JP @ 45 menit), dari tanggal, 22 s.d 26 September 2021.

Sasaran peserta pelatihan upskilling dan reskilling angkatan 1 sebanyak 107 orang, dengan rincian:

  1. Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian: 30 orang
  2. Agribisnjs Perikanan Air Tawar: 22 orang
  3. Agribisnis Tanaman (Perbenihan, Hortikultura, Perkebunan): 25 orang
  4. Agribisnis Ternak Unggas: 30 orang

Selama kegiatan pelatihan berlangsung, peserta diwajibkan mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19 yang telah ditetapkan panitia dengan sangat ketat, hal ini dilakukan agar setiap peserta tetap sehat dan terhindar wabah virus corona. Pemeriksaan Swab/Rapid Antigent dilakukan ketika peserta tiba di BBMPV Pertanian dan saat kepulangan.

Untuk pelayanan akomodasi setiap kamar penginapan hanya diisi satu orang peserta, sementara pelayanan konsumsi sistem parasmanan ditiadakan diganti dengan sistem nasi box dan diantar ke setiap kamar.

Cianjur, 22 September 2021

Penulis berita         : Maman Suratman, SP.    
Editor/Verifikator   : Husni Tamrin, SP.,M.Ed. dan Sujadi    
Penanggung jawab : Dr. Iip Ichsanudin, S.S.,M.A.  
Sumber referensi    : Panduan Diklat Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan SMK Berstandar Industri Angkatan 1


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Restu Aulia

Leave a Comment

five × 2 =