BBPPMPV Pertanian Mengikuti Pameran Gebyar Pendidikan Vokasi 2021

Direktur Kursus dan Pelatihan Ditjen Pendidikan Vokasi Dr. Wartanto disambut oleh Kepala BBPPMPV Pertanian Dr. Ir. R. Ruli Basuni, MP. saat berkunjung ke Stand BBPPMPV Pertanian pada Gebyar Pendidikan Vokasi 2021 (16/09, Foto: MS)

Cimahi, BBPPMPV Pertanian—Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian berperan aktif dalam pameran pada kegiatan “Gebyar Pendidikan Vokasi 2021”, yang digelar pada hari Kamis tanggal 16 September 2021 bertempat di lingkungan BBPPMPV BMTI Cimahi, Jawa Barat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Gebyar Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek yang diselenggarakan oleh BBPPMPV BMTI Cimahi. Kegiatan ini juga diisi dengan:

  1. Simposium/Bincang Santai Pendidikan Vokasi,
  2. Peluncuran Galeri Kejuruan,
  3. Peluncuran Simulator Kapal,
  4. Peluncuran Produk Manajemen Hemat Energi (Green Management System),
  5. Penandatanganan Nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerja Sama.

Dalam kesempatan pameran tersebut BBPPMPV Pertanian menampilkan produk-produk kretaif hasil inovasi SMK bidang pertanian seluruh Indonesia yang telah diseleksi yang sangat ketat pada lomba pengembangan produk kreatif yang diselenggarakan BBPPMPV Pertanian beberapa waktu yang telah lalu.

Salah satu produk kreatif yang dipamerkan adalah Paludarium hasil karya Dr. Adida, S.Pi, M.Si. dari SMKN 2 Tangerang Provinsi Banten, dengan tema “air terjun menuju kastil” merupakan desain paludarium yang dilengkapi dengan berbagai tanaman mini unik seperti: tanaman karnivora, anggrek hutan, lumut, ikan hias, dan biota air.

Dr. Adida, S.Pi, M.Si. dari SMKN 2 Tangerang Provinsi Banten (berjilbab merah) salah satu inovator produk kretifnya “Paludarium” yang mengisi stand BBPPMPV Pertanian pada Gebyar Pendidikan Vokasi 2021 (16/09, Foto: MS)

Produk kreatif lainnya adalah “Mini Closed House” karya Gilang Nursandhi, S.ST.,M.ST.,Gr. dari SMKN 1 Jember Provinsi Jatim, dengan tema “solusi beternak ayam ras pedaging skala rumah tangga untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di masa pandemi Covid-19”.

“Mini Closed House” karya Gilang Nursandhi, S.ST.,M.ST.,Gr. dari SMKN 1 Jember Provinsi Jatim yang mengisi stand BBPPMPV Pertanian pada Gebyar Pendidikan Vokasi 2021 (16/09, Foto: MS)

Produk kreatif pengolahan pangan turut serta dalam pameran tersebut, diantaranya aneka keripik kelapa dari SMKN Kebonagung Pacitan , keripik daun singkong dari SMKN 1 Leuwiliang Bogor, yoghurt SMK PP Lembang, sweet yummi dari SMKN 1 Wanayasa Banjarnegara, kopi conziera dari SMKN 1 Sukanagara Cianjur, dan yoghurt Stemba dari SMKN 5 Surabaya.

Olahan pangan produk kreatif aneka keripik kelapa dari SMKN Kebonagung Pacitan, keripik daun singkong dari SMKN 1 Leuwiliang Bogor, yoghurt SMK PP Lembang, kopi conzieradari SMKN 1 Sukanagara, dan yoghurt Stemba dari SMKN 5 Surabaya (Foto: MS)

Selain itu ada juga produk kreatif non pangan, antara lain: sabun cuci tangan honje, handsanitizer honje, dan sabun mandi extra kecombrang dari SMKN 2 Pandeglang.

Produk kreatif non pangan sabun cuci tangan honje, handsanitizer honje, dan sabun mandi extra kecombrang dari SMKN 2 Pandeglang (Foto: MS)

Foto Bersama Tim Koordinator Kemitraan Pengembangan Inovasi dan TIK BBPPMPV Pertanian Selaku koordinator pameran gebyar Pendidikan vokasi 2021 (Foto: MS)

Cianjur, 20 September 2021

Penulis berita           : Maman Suratman, SP.  
Editor/Verifikator    : Husni Tamrin, SP.,M.Ed. dan Sujadi   
Penanggung jawab   : Dr. Iip Ichsanudin, S.S.,M.A.   
Narasumber              : Ir. Achmad Syaihu, M.Pd    


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Restu Aulia

Leave a Comment

fourteen − 5 =