BBPPMPV PERTANIAN MENYELENGGARAKAN BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) PENINGKATAN KOMPETENSI BAGI SDM PENGELOLA ANGGARAN

Bandung, BBPPMPV Pertanian—Jum’at (12/03/2021) Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Anggaran. Kegiatan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 12 s.d. 14 Maret 2021 bertempat di Hotel Gumilang Regency Bandung.

Bimtek dibuka secara resmi oleh Kepala BBPPMPV Pertanian Dr. Ir. R. Ruli Basuni, MP., sekaligus memberikan pengarahan. Dalam arahannya Kepala Balai menyampaikan “dalam pelaksanaan kegiatan terkait pengelolaan keuangan atau perbendaharaan agar mengikuti aturan yang berlaku, selain itu di harapakan dari kegiatan ini kawan-kawan dapat meningkatkan pemahaman tentang PMK No.19/PMK.02/2020 mengenai Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2021”, katanya.

Lebih lanjut Kepala Balai menyampaikan , “dengan diselenggarakannya kegiatan Bimtek Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Anggaran ini, BBPPMPV Pertanian memiliki SDM pengelola anggaran yang kompeten, bersih dan akuntabel sesuai aturan yang berlaku”, pungkasnya.

Tujuan Pelaksanaan Bimtek Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Anggaran BBPPMPV Pertanian ini adalah :

  1. Memberikan pemahaman tentang Kebijakan baik dari Kemdikbud dan Kemenkeu;
  2. Memberikan pemahaman Langkah-Langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran sesuai aturan yang berlaku dan penerapannya di lapangan;
  3. Memberikan pemahaman tentang Akuntansi dan Pelaporan serta Aplikasinya dalam Pelaksanaan Anggaran;
  4. Memberikan pemahaman tentang Marketplace dan Virtual Account;
  5. Memberikan pemahaman tentang Pelaksanaan Anggaran dan IKPA sesuai aturan yang berlaku dan penerapannya di lapangan;
  6. Memberikan pemahaman tentang Kebijakan tentang Kartu Kredit Pemerintah;
  7. Memberikan pemahaman tentang PMK No.119/PMK.02/2020 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2021;

Bimtek Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Anggaran BBPPMPV Pertanian diikuti oleh 47 orang peserta meliputi Kepala Bagian Tata Usaha, Koordinator, Sub Koordinator, Pengelola Anggaran, Staf Pengelola Anggaran, Perwakilan ULP dan perwakilan SPI di Lingkungan BBPPMPV Pertanian sebanyak 35 orang serta 12 orang perwakilan dari enam Balai yang meliputi BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata, BBPPMPV Bidang Mesin dan Teknik Industri, BBPPMPV Seni dan Budaya, BBPPMPV Bidang Otomotif dan Elektronika, BBPPMPV Bidang Bangunan dan Listrik serta BPPMPV KPTK . Selama pelaksanaan kegiatan Bimtek ini peserta didamping oleh Narasumber dari BBPPMPV Pertanian dan KPPN Sukabumi.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Sujadi

Leave a Comment

1 × three =