DENDENG IKAN PRODUK UNGGULAN TEACHING FACTORY SMK NEGERI 1 CIDAUN

Cianjur, BBPPMPV Pertanian—Pada tahun anggaran 2021 BBPPMPV Pertanian membantu beberpa SMK yang membuka kompetensi pertanian berupa biaya untuk pengembangan Teaching Factory. Salah satu SMK yang mendapat bantuan biaya pengembangan Teaching Faktory tersebut adalah SMK Negeri 1 Cidaun denga produk unggulan yaitu dendeng ikan. Pengolahan ikan laut menjadi Dendeng merupakan salah satu komoditas olahan ikan yang strategis dan layak untuk dikembangkan, karena ikan laut merupakan salah satu bahan makanan dengan beragam kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, mulai dari protein, asam lemak omega-3, hingga vitamin serta mineral, seperti vitamin B kompleks, vitamin D, zat besi, kalsium, selenium, dan zinc.

Pelaksanaan teaching factory di SMKN 1 Cidaun diarahkan pada keunggulan lokal yaitu pada hasil laut berupa ikan, udang, dan impun, karena sekolah berlokasi di pinggir pantai. Selain itu juga usaha ini merupakan upaya untuk mengangkat kuliner lokal dengan harapan dapat diperkenalkan kepada masyarakat dan diberi sentuhan teknologi dan diberikan sentuhan kaidah-kaidah pembuatan kuliner kekinian yang dapat diterima masyarakat.

“Kepala SMK Negeri 1 Cidaun Unang Setiawan, SP.,M.Pd. mengatakan, “….berbicara teaching factory  di SMKN 1 Cidaun sebenarnya arah dan program teaching factory sudah dilaksanakan sejak lama, namun pada saat itu kegiatan teaching factory dilaksanakan secara mandiri, artinya belum ada bantuan khusus untuk mendukung pelaksanaan pada kegiatan tersebut”, ungkapnya.

Lebih lanjut Unang Setiawan menuturkan, “…. pada awalnya kegiatan ini diarahkan untuk memberikan proses pembelajaran pada siswa-siswi SMKN 1 Cidaun yang berbasis produksi, dengan harapan anak-anak dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran khususnya pembelajaran kejuruan, kegiatan praktek, tidak hanya untuk belajar saja tetapi bisa menghasilkan produk yang secara kualitas layak untuk dijual, dan layak untuk dipasarakan”, katanya.

Mengakhiri pembincangan, Unang Setiawan mengucapakan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala BBPPMPV Pertanian yang telah memberikan dukungan yang sangat bearti buat kami, dengan cara menyalurkan bantuan untuk teaching factory untuk bidang pertanian, hal itu sangat berarti untuk memperkuat kegiatan Tefa di sekolah.

Sebagai Ketua/Koordinator Teaching Factory SMKN 1 Cidaun, Kepala Sekolah menunjuk salah satu guru produktif pengolahan yaitu Burhan, S.TP.,M.M., ditunjuk atas dasar kompetensi yang dimiliki dan ketekunan dalam mengelola kegiatan produksi sehingga menjadi motivasi bagi anak didiknya.

Cianjur, 06 Desember 2021
Penulis berita           :    Maman Suratman, SP.              
Editor/Verifikator    :    Husni Tamrin, SP.,M.Ed. dan Sujadi
Penanggung jawab   :    Dr. Iip Ichsanudin, S.S.,M.A.
Sumber referensi      :    Hasil liputan tim di lapangan (wawancara)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Nungky fitri

Leave a Comment

6 + 13 =