Kerjasama BBPPMPV Pertanian dengan Disdik Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang dalam Pelaksanaan Diklat Calon Kepala Sekolah dan Calon Pengawas Sekolah

Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Karawang Drs. Cecep Mulyana, M.Pd. (berseragam korpri), didampingi Kepala BBPPMPV Pertanian Dr. Ir. Raden Ruli Basuni, MP. (tengah) saat membuka Diklat Calon Kepala Sekolah dan Calon Pengawas Sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Karawang (18/10), Foto: MS

Cianjur, BBPPMPV Pertanian—Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Karawang bekerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian dalam pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Calon Kepala Sekolah (CKS) dan Calon Pengawas Sekolah (CPS) TK, SD, dan SMP.

Diklat CKS dan CPS di lingkungan Disdik Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Karawang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Karawang Drs. Cecep Mulyana, M.Pd.  kegiatan tersebut berlangsung pada hari Senin, tanggal 18 Oktober 2021 bertempat di Ruang Sidang Besar BBPPMPV Pertanian, Jalan Raya Jangari KM. 14, Sukajadi, Karangtengah, Cianjur, Jawa Barat.

Pelaksanaan Diklat CKS dan CPS untuk In Service Training (IST) 1 dilaksanakan selama 6 hari efektif dengan total waktu 50 jam efektif @ 45 menit. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 18 s.d. 23 Oktober 2021 bertempat di lingkungan BBPPMPV Pertanian.

Hasil yang diharapkan dari Diklat CKS dan CPS tersebut adalah terbentuknya Calon Kepala Sekolah dan Calon Pengawas Sekolah yang kompeten dan berwawasan kepemimpinan dalam mengatasi masalah pembelajaran.

Peserta diklat CKS ini adalah hasil seleksi CKS yang diangkat dari jabatan fungsional guru PNS, sementara peserta diklat CPS adalah CPS yang diseleksi dari jabatan fungsional Kepala Sekolah atau Guru PNS dari Kabupaten Karawang Jawa Barat. Selama kegiatan diklat berlangsung, peserta diwajibkan mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19 yang telah ditetapkan panitia dengan sangat ketat, hal ini dilakukan agar setiap peserta tetap sehat dan terhindar wabah virus corona. Pemeriksaan Swab/Rapid Antigent dilakukan ketika peserta tiba di BBMPV Pertanian dan saat kepulangan.

Koordinator Program dan Fasilitasi Peningkatan Kompetensi PTK BBPPMPV Pertanian (Mulyono, S.Sos.,M.MPd.) saat memberikan orientasi program diklat kepada peserta Diklat CKS dan CPS di lingkungan Disdik Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Karawang (18/10), Foto: MS

Kepala BBPPMPV Pertanian Dr. Ir. Raden Ruli Basuni, MP., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Pemerintah Kabupaten Karawang dan jajarannya yang telah memberikan kepercayaan kepada BBPPMPV Pertanian untuk ikut serta berkontribusi dalam program Diklat Calon Kepala Sekolah dan Calon Pengawas Sekolah, dan mengucapkan selamat kepada peserta yang telah lulus mengikuti seleksi subtansi sehingga dapat mengikuti Diklat Calon Kepala Sekolah dan Calon Pengawas Sekolah, dan diharapkan dapat lulus semua, …..”.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Karawang yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Drs. Cecep Mulyana, M.Pd. dalam arahannya menyampaikan “…… di lingkungan Disdik Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Karawang masih banyaknya Plt. Kepala Sekolah apalagi jenjang SD sehingga dirangkap jabatan, ….” ungkapnya. Lebih lanjut Cecep Mulyana mengatakan, “…. permasalahan lain adalah masalah kompetensi terutama manajerial, dirasakan akhir-akhir ini agak menurun kemampuan komunikasi, koordinasi, dan kerjasama. Kepala Sekolah ini tantangannya satu yang agak berat adalah manajerial dengan bagaimana meminij agar koordinasi dan bekerjasama sinergitas trisentra pendidikan (sekolah-keluarga-masyarakat) ini terjadi. Melalui diklat Diklat Calon Kepala Sekolah dan Calon Pengawas Sekolah, diharapkan semua permasalahan dapat teratasi….” pungkasanya.

Cianjur, 19 Oktober 2021
Penulis berita           : Maman Suratman, SP.          
Editor/Verifikator    : 1. Husni Tamrin, SP.,M.Ed. ; 2. Sujadi
Penanggung jawab   : Dr. Iip Ichsanudin, S.S.,M.A.
Sumber/referensi     : Panduan Diklat Calon Kepala Sekolah dan Calon Pengawas Sekolah  Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Restu Aulia

Leave a Comment

seven + 11 =