KUNJUNGAN KERJA TEAM MANAJEMEN SMKN 1 TAKOKAK KE BBPPMPV PERTANIAN

Cianjur, BBPPMPV Pertanian—Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Takokak Cianjur Selatan, Kankan Salaman Santosa, SP., MP. bersama tim manajemen sekolah melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian dalam rangka konsultasi terkait pengembangan SMK Negeri 1 Takokak, Kamis 06 Januari 2022.

Rombongan manajemen SMK Negeri 1 Takokak yang berkunjung ke BBPPMPV Pertanian terdiri dari Kepala Sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan berjumlah 12 orang, rombongan diterima oleh  Hedi Holidin, SP.,M.Si., (Kepala Bagian Tata Usaha BBPPMPV Pertanian) yang didampingi Ir. Achmad Syaihu, M.Pd. (Sub Koordinator Kemitraan BBPPMPV Pertanian)  dan Drs. Hamdan Nasution. (Sub Koordinator TIK BBPPMPV Pertanian).

Kepala SMKN 1 Takokak Kankan Salaman Santosa, SP., MP. dalam audiensinya mengatakan, bahwa “tujuan utama kunjungan kerja adalah untuk mendapatkan dukungan, bimbingan dan arahan untuk SMKN 1 Takokak dari BBPPMPV pertanian Cianjur, melalui berbagai program yang ada di BBPPMPV Pertanian Cianjur, baik pengembangan SDM, sarana dan fasilitas belajar, membantu dalam link and match dengan industri, serta program yang lainnya sehingga SMK Negeri 1 Takokak bisa sejajar dengan SMK hebat lainnya”, tuturnya.

Lebih lanjut Kankan Salaman Santosa menjelaskan “SMK Negeri 1 Takokak dengan potensi terbesarnya adalah bidang pertanian, baik budidaya maupun pengolahannya disamping program keahliah Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) dan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP)”, ungkapnya.

“Produk unggulan SMK Negeri 1 Takokak dengan brand TACOCO adalah sayuran dataran tinggi terutama jeruh LEMON serta produk olahan berupa minuman sehat yg terbuat dari sayur dan herbal laninya tanpa bahan pengawet dan bahan kimia lainnya. Di awal tahun 2022 ini kami akan mengembangkan komoditas anggur import  untuk dijadikan sebagai pionir daerah Takokak dan akan menjadikan sebagai eduwisata agro”, ujarnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya agenda kunjungan kerja ini memberikan manfaat yang jauh lebih besar bagi kami semua terutama dalam perencanaan SMK PK atau Sekolah Pusat Keunggulan, mudah-mudahan segala apa yang kami cita-citakan bisa terwujud”, pungkasnya.

Sub Koordinator Kemitraan Ir. Achmad Syaihu, M.Pd. (kiri) dan dan Sub Koordinator TIK Drs. Hamdan Nasution (kanan) saat memberikan tanggapan audiensi pada kunjungan kerja team manajemen SMK Negeri 1 Takokak di BBPPMPV Pertanian, (06/01/2022) Foto: MS

Dalam kunjungan kerja dibahas beberapa agenda penting diantaranya:

  1. Membahas tentang Praktek Kerja Industr (Prakerin)
  2. Membahas tentang magang siswa/guru
  3. Membahas tentang guru kunjung
  4. Membahas tentang DU/DI
  5. Membahas tentang MOU
  6. Membahas tentang Teaching Factory (Tefa)
  7. Membahas tentang SMK PK

Pembahasan mengenai permasalahan tersebut mendapat tanggapan yang sangat baik dari pihak BBPPMPV Pertanian yang disampaikan Kepala Bagian Tata Usaha BBPPMPV Pertanian Hedi Holidin, SP., M.Si, yang didampingi Sub Koordinator Kemitraan BBPPMPV Pertanian Ir. Achmad Syaihu, M.Pd., dan Sub Koordinator TIK BBPPMPV Pertanian Drs. Hamdan Nasution. BBPPMPV Pertanian sangat membuka diri untuk membantu pengembangan SMK Negeri 1 Takokak agar lebih maju dan berkembang.

Di sela-sela kunjungan kerjanya, Kepala SMK Negeri 1 Takokak didampingi Wakil Kepala Sekolah bidang Sarana Prasarana Waras Paliant menjadi narasumber pada program podcast di chanel youtube BBPPMPV Pertanian.

Pada program podcast tersebut mengambil tema BBPPMPV Pertanian bersama SMK Negeri 1 Takokak pencetak generasi muda petani. 

Tim kru program podcast di chanel youtube BBPPMPV Pertanian bertindak sebagai sutradara sekaligus penyunting gambar di komandani M. Khamim dibantu host Indah Linawati.

Foto bersama team manajemen SMK Negeri 1 Takokak di BBPPMPV Pertanian (06/01/2022) Foto: MS

Cianjur, 11 Januari 2022
Penulis berita           : Maman Suratman, SP.
Editor/Verifikator   : 1. Husni Tamrin, SP.,M.Ed.
                                 2. Sujadi
Penanggung jawab   : Dr. Iip Ichsanudin, S.S.,M.A.
Sumber/referensi     : 1. Wawancara dengan Kepala SMKN 1 Takokak
                                   2. Ai Wida Widiawati, S.Pd. Guru SMKN 1 Takokak


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Nungky fitri

Leave a Comment

eleven − 6 =