LEPAS SAMBUT KEPALA BBPPMPV PERTANIAN

Plt. Kepala BBPPMPV Pertanian Supriyono, M.Si. (kiri) menyerahkan Risalah Memorandem Akhir Jabatan kepada Kepala BBPPMPV Pertanian Dr. Yusuf, S.T.,M.T. pada acara Lepas Sambut Kepala BBPPMPV Pertanian  di Gedung Dewi Sartika (25/08/2022), Foto: MS

Cianjur, BBPPMPV Pertanian—Kamis, 25 Agustus 2022 bertempat di Gedung Dewi Sartika diselenggarakan acara Lepas Sambut  dari  Supriyono, M,Si, selaku Plt. Kepala BBPPMPV Pertanian,  kepada Dr. Yusuf, S.T.,M.T. yang telah resmi dilantik tanggal 15 Agustus 2022 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek sebagai Kepala Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian.

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan serah terima Jabatan Ketua Dharma Wanita Persatuan Unit BBPPMPV Pertanian dari Ibu Yustina Supriyono kepada Ibu Fauziah Rahmah Lubis Yusuf.

Acara lepas sambut digelar secara sederhana dalam suasana penuh kekeluargaan dan kehangatan yang dihadiri seluruh pegawai mulai koordinator, sub koordinator, para ketua pengembang departemen, widyaiswara, Pengembang Teknologi Pembelajaran, dan fungsional umum di lingkungan BBPPMPV Pertanian baik melalui daring bagi yang sedang menjalankan kedinasan dan melalui luring bagi pegawai yang sedang tidak dinas luar. Selain itu turut hadir Dr. Ir. Ruli Basuni, MP., Kepala BBPPMPV Pertanian periode 2018-2022, Ir. Siswoyo, M.Si. Kepala PPPPTK Pertanian periode 2011-2018, dan Drs. Dedi H. Karwan, MM. Kepala PPPPTK Pertanian periode 2007-2010, dan undangan lainnya dari pihak ekternal.

Acara  diawali dengan sambutan Kepala Bagian Tata Usaha Hedi Holidin, SP.,M.Si., dalam sambutannya Kabag TU menyampaikan bahwa “…acara ini kita selenggarakan scara  sederhana, dengan tujuan mengumpulkan kembali semua orang yang sudah membangun lembaga menjadi sebesar ini, apalagi di tahun 2021 sudah mendapat predikat Pelayanan Publik dengan kategori Pelayanan Prima mewakili Kemendikbudristek, ini suatu kebanggaan yang tidak bisa kita sia-siakan karena ini kesempatan yang cuma sekali yang oleh Menpan dan RB diakui mewakili kemedikbudristek pada waktu itu”, ungkapnya.

Foto bersama dari kanan Dr. Ir. Ruli Basuni, MP., Kepala BBPPMPV Pertanian periode 2018-2022, Drs. Dedi H. Karwan, MM., Kepala PPPPTK Pertanian periode 2007-2010, Ir. Siswoyo, M.Si. Kepala PPPPTK Pertanian periode 2011-2018, Supriyono, M.Si., Plt. Kepala BBPPMPV Pertanian Januari-Agustus 2022,  Dr. Yusuf, S.T.,M.T., Kepala BBPPMPV Pertanian yang baru dilantik (25/08/2022), Foto: MS

Plt. Kepala BBPPMPV Pertanian Supriyono, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehadiran sesepuh para pendiri lembaga ini merupakan sumber inspirasi bagi kami dalam mengembangkan vokasi saat ini, ungkapnya.

Selanjutnya Supriyono menyampaikan profile BBPPMPV Pertanian mulai keadaan SDM, program kerja, daya serap anggaran,  dan kegiatan-kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama 8 bulan menjabat.

Kepala BBPPMPV Pertanian yang baru Dr. Yusuf, S.T.,M.T. dalam sambutannya menyampaikan perjalanan kariernya sejak Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hingga dilantik menjadi Kepala BBPPMPV Pertanian.

“Awal karier tahun 2003 diterima menjadi CPNS di LPMP Provinsi Sumatera Utara, seiring waktu melanjutkan pendidikan S2 di Kota Bandung, sehingga banyak belajar karakter dan bahasa sunda. Sekembalinya menempuh pendidikan  S2 langsung diminta oleh Kepala LPMP Sumutera Utara menjadi Sekretaris Kepala”, katanya.

“Tahun 2009 beralih fungsi menjadi tenaga fungsional widyaiswara pangkat III/b, Penata Muda Tingkat I, tahun 2020 berhasil naik pangkat menjadi IV/b, Pembina Tingkat I. Pada tahun 2021 mutasi ke Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Bidang Bangunan dan Listrik dalam jabatan fungsional widyaiswara, dan di tahun 2022 mengikuti seleksi jabatan struktural di Kemendikbudristek dan lulus serta dilantik sebagai Kepala BBPPMPV Pertanian saat ini”, ungkapnya

Mengakhiri sambutannya Dr. Yusuf mengucapkan terima kasih kepada Bapak Supriyono, sehingga banyak belajar dan memperkenalkan diri sehingga sangat berarti bagi karier kedepan, insya Alloh apa yang sudah beliau berikan akan saya tingkatkan lagi agar lebih baik lagi kedepannya, dan apa yang sudah dipaparkan beliau itu menjadi inspirasi bagi kami warga BBPPMPV Pertanian, insya Alloh akan kami teruskan dan mencoba membangun kolaborasi bagi temen-temen semua yang ada disini, dan apa-apa yang terbaik yang sudah dibangun para pimpinan terdahulu akan kami pertahankan dan tingkatkan agar lebih baik lagi, karena ini adalah amanah yang telah diberikan dan semoga nantinya menjadi ladang ibadah bagi saya, pungkasnya.

Serah terima Jabatan Ketua Dharma Wanita Persatuan Unit BBPPMPV Pertanian dari Ibu Yustina Supriyono kepada Ibu Fauziah Rahmah Lubis Yusuf. pada acara Lepas Sambut Kepala BBPPMPV Pertanian (25/08/2022), Foto: MS

Acara pesan dan kesan disampaikan oleh Dr. Ir. Ruli Basuni, MP., Kepala BBPPMPV Pertanian periode 2018-2022 dan Koordinator Bidang Program, Data, Inovasi, dan Kemitraan Dr. Iip Ichsanudin, S.S.,M.A.

“Dr. Ruli Basuni berpesan agar di tahun ini BBPPMPV Pertanian mampu mencapai predikat yang lebih gemilang lagi dibandingkan dengan tahun yang lalu, predikat ZI-WBK dan Layanan Publik kita mohon  dipertahankan dan ditingkatkan, dan juga persiapan ZI-WBBM harus dipersiapkan agar dapat diraihnya di tahun 2022 ini”, pesannya.

Sementara itu Dr. Iip Ichsanudin dalam penyampaian pesan dan kesannya, “….. dari Pak Supriyomo dapat diambil hikmah bahwa beliau mempunyai karakter seperti buah naga, yaitu keras, tertutup, banyak hal-hal yang perlu kita sibatkan, tetapi bila kita sudah bisa membukanya, lihatlah isinya manis, lezat dan merah merona, ini yang saya pelajari dari beliau. Orang mungkin perlu keberanian untuk bisa mengambil/memetik buah naga itu, karena ada durinya, begitupun berhadapan dengan beliau ada duri juga yang harus disibatkan, tanpa harus mematahkan durinya, dan pada akhirnya bertemu ada titik cair dimana kita saling berbagi, saling merasakan dan disitu ternyata energi untuk membangun BBPPMPV Pertanian secara utuh tetap jadi”, katanya.

“Bapak/Ibu saya ingin mengajak semua untuk melihat dan menatap BBPPMPV Pertanian/VEDCA kedepan, bahwa ada positif thingking ketika seseorang datang kehadapan kita, kita tidak melihat siapa dia pada awalnya, bagaimana dia akan bergerak, tetapi kita akan tanya kepada Pak Yusuf yang terhormat, Bapak punya visi dan misi apa untuk membangun BBPPMPV Pertanian/VEDCA  kedepan, itu yang akan kita tanyakan, karena tanpa itu saya yakin dan percaya akan kembali ke turbulensi yang sama”, pungkasnya.

Penyampaian pesan dan kesan oleh Dr. Ir. Ruli Basunu, MP., (sebelah kiri) dan Dr. Iip Ichsanudin, S.S.,M.A. (kanan) saat acara Lepas Sambut Kepala BBPPMPV Pertanian (25/08/2022), Foto: MS

Acara lepas sambut diisi juga dengan Sosialisasi Program Zona Integritas-Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dan juga Standar Pelayanan di BBPPMPV Pertanian, yang disampaikan oleh Dra. Nining Yuda Ningsih, MM.Pd. dan penandatanganan Maklumat Pelayanan oleh Kepala BBPPMPV Pertanian.

Mengakhiri acara lepas sambut disi dengan foto bersama dan ucapan selamat oleh seluruh peserta dan undangan yang hadir kepada Kepala BBPPMPV Pertanian.

Pemaparan Sosialisasi Program ZI-WBK Menuju WBBM oleh Dra. Nining Yuda Ningsih, MM.Pd. dan Penandatanganan Maklumat Pelayanan oleh Kepala BBPPMPV Pertanian Dr. Yusuf, S.T.,M.T. saat acara Lepas Sambut Kepala BBPPMPV Pertanian (25/08/2022), Foto: MS

Cianjur, 29 Agustus 2022
Penulis berita              :   Maman Suratman, SP.
Editor/Verifikator       :   Suhardi, SH, M.Pd., Drs. Hamdan Nasution, Sujadi
Penanggung jawab     :   Mochamad Eka Budiman, S.TP., M.IL.
Sumber/referensi        :   1. Panduan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Program Keunggulan
2. Liputan langsung


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Nungky fitri

Leave a Comment

11 − 5 =