MAKUJEON PRODUK KREATIF UNGGULAN SMKN 1 CIBADAK-SUKABUMI

Cianjur, BBPPMPV Pertanian—SMK Negeri 1 Cibadak, Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu SMK yang termasuk dalam 15 (lima belas) peserta terpilih untuk mengembangkan produk kreatif pada program bantuan pengembangan produk kreatif yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian.

Dalam tahap implementasi pengembangan produk kreatif, SMK Negeri 1 Cibadak mengembangkan produk “MAKUJEON” yaitu Minyak Atsiri Kulit Jeruk Lemon”. MAKUJEON dibuat dari kulit jeruk lemon California 100% murni tidak ada bahan campuran lain sehingga aman digunakan. MAKUJEON memiliki aroma yang segar dan menenangkan sehingga cocok untuk aromatherapy, cara penggunaan: diteteskan di air, kemudian dihirup, menggunakan diffuser dan dihirup langsung.

Program pengembangan produk kreatif sendiri merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, meningkatkan komptensi, inovasi dan kreatifitas berkelanjutan dalam mewujudkan ide kreatif serta inovatif dari guru SMK bidang pertanian, Widyaiswara, dan PTP di lingkungan BBPPMPV Pertanian. Melalui program pengembangan produk kreatif diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan untuk pengembangan kewirausahaan dan menjadi ikon produk daerah dimana SMK tersebut berada. Selain itu dapat dijadikan sebagai media dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) dalam upaya pemenuhan angka kredit bagi jabatan fungsional Widyaiswara dan PTP di BBPPMPV Pertanian dan bagi Guru produktif SMK dalam mengembangkan ilmu pengetahuan bidang pertanian

Ir. Anfila Sujarwati, MP., sebagai ketua pelaksana pengembangan produk kreatif SMK Negeri 1 Cibadak mengatatakan “ …dengan adanya program ini sangat mendukung sekali karena dapat memotivasi kreatifitas dan inovasi guru-guru kejuruan, dan berharap agar supaya program ini tetap dilanjutkan dan ditingkatkan kualitasnya dan pendanaannya”, ungkapnya.

Hasil implementasi produk kreatif dapat berkembang menjadi teaching factory pada SMK masing-masing, smoga.

Cianjur, 20 Desember 2021
Penulis berita           : Maman Suratman, SP.            
Editor/Verifikator   : Husni Tamrin, SP.,M.Ed. dan Sujadi
Penanggung jawab   : Dr. Iip Ichsanudin, S.S.,M.A.
Sumber/referensi     : Hasil liputan tim di lapangan (wawancara)


Was This Post Helpful:

1 votes, 5 avg. rating

Share:

Nungky fitri

Leave a Comment

16 − 9 =