MENGENALKAN ANAK USIA DINI PADA BIDANG PERTANIAN MELALUI WISATA EDUKASI

Cianjur, BBPPMPV Pertanian—“Wisata Edukasi” yang dikembangkan Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian Cianjur,  merupakan salah satu cara mengenalkan anak usia dini di bidang pertanian.

Perkembangan teknologi yang begitu  pesat berpengaruh terhadap mind set para generasi muda saat ini, sehingga sektor pertanian kurang diminati oleh kaum muda, mereka lebih senang bekerja di perusahaan dari pada menjadi petani yang kurang memberikan harapan hidup.

Mereka beranggapan bahwa bertani identik dengan kemiskinan, hal ini tergambar dalam kehidupan petani di pedesaan. Meskipun demikian masih ada sebagian petani yang menginginkan anak-anaknya dapat menjadi pengusaha di bidang pertanian dengan mengelola lahan pertanian sebagai bisnis mereka.

Minimnya minat para kaum muda untuk bekerja atau menjadi pengusaha di bidang pertanian, akan berpengaruh terhadap menurunnya produktifitas hasil usaha tani, oleh karena itu sejak dini mereka harus dikenalkan pada kegiatan usaha pertanian, sehingga akan menarik minat dan menginspirasi anak-anak untuk mau dan senang melakukan kegiatan  pertanian.

Salah satu cara yang efektif mengenalkan anak-anak usia dini kepada dunia pertanian yaitu dengan mengajak anak-anak untuk belajar dan bermain ke lahan pertanian/perkebunan/peternakan dan perikanan serta pengolahan hasil pertanian, agar mereka dapat berinteraksi langsung dalam dunia pertanian melalui game-game/permaian sesuai dengan kurikulum yang sudah disediakan. Melalui kegiatan tersebut mereka akan dapat menghayati dan memahami serta melatih motorik mereka melalui kegiataan pertanian yang menyenangkan.

Cianjur, 28 Maret 2021
Penulis berita            :  Maman Suratman, SP. & Suparno, S.Pd.,MT.
Editor/Verifikator    :  Husni Tamrin, SP.,M.Ed. dan Sujadi
Penanggung jawab   :  Dr. Iip Ichsanudin, S.S.,M.A.
Sumber/Referensi     : https://belajartani.com

 


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Nungky fitri

Leave a Comment

5 − 1 =