PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI LABORAN DAN TENAGA ADMNISTRASI BAGI SMK PERTANIAN SELURUH INDONESIA

Peserta Pelatihan Peningkatan Kompetensi Teknisis/Laboran dan Tenaga Administrasi SMK Pertanian Seluruh Indonesia saat mengikuti pembukaan (15/06/2022), Foto: MS

Cianjur, BBPPMPV Pertanian—Dalam upaya peningkatan dan pemerataan kompetensi tenaga kependidikan, Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan bagi Teknisi/Laboran dan Tenaga Administrasi SMK Pertanian seluruh Indonesia.

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan Teknisi/Laboran berlangsung tanggal 15 s.d. 22 Juni 2022 dan Pelatihan Tenaga Administrasi berlangsung 15 s.d. 20 Juni 2022. Kegiatan pelatihan dibuka oleh Koordinator Program dan Fasilitasi Peningkatan Kompetensi PTK Mulyono, M.MPd. Rabu, 15 Juni 2022 di Gedung Dewi Sartika BBPPMPV Pertanian, Jalan Raya Jangari KM.14 Sukajadi, Karangtengah, Cianjur-Jawa Barat.

Pelatihan Teknisi/Laboran diikuti oleh 50 orang peserta dan pelatihan Tenaga Administrasi diikuti 25 orang peserta dari SMK Pertanian seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya Koordinator Program dan Fasilitasi Peningkatan Kompetensi PTK Mulyono, M.MPd. mengatakan “… sampai saat ini BBPPMPV Pertanian akan berfokus pada pendidikan vokasi, pendidikan vokasi itu diantaranya pendidikan menengah kejuruan (SMK), Politeknik yaitu mengajar Dosen, dan Instruktur pada Lembaga Kursus”, ungkapnya.

Lebih lanjut Mulyono mengatakan, sewaktu PPPPTK Pertanian dibawah Ditjen GTK hampir semua mengurusi pendidik dan tenaga kependidikan, yaitu SD, SMP, SMA, dan SMK, kalau sekarang BBPPMPV Pertanian dibawah Ditjen Pendidikan Vokasi, kita fokus pada pendidikan vokasi yang tadi sudah disampaikan di atas, sehingga perkembangan kebijakan pendidikan vokasi seharusnya diketahui termasuk oleh tenaga laboran dan tenaga administrasi”, katanya.

“Tugas pendidikan vokasi salah satunya adalah harus bekerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri, hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan daya serap anak didik lulusan di sekolah SMK masing-masing. Ini menjadi ikhtiar kita bersama, strateginya yaitu bagaimana sekolah bisa bersama-sama dunia industri untuk menyingkronkan kurikulum yang ada disekolah”, pungkasnya.

Melalui Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tenaga Laboratorium dan Tenaga Administrasi diharapkan dapat menghasilkan tenaga Laboratorium dan Tenaga Administrasi yang kompeten di bidangnya.

Foto bersama Peserta Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tenaga Laboran SMK Pertanian seluruh Indonesia saat mengikuti acara pembukaan (15/06/2022), Foto: MS

Peserta Pelatihan Tenaga Administrasi SMK Pertanian seluruh Indonesia saat melakukan kunjungan ke ruang pelayanan BBPPMPV Pertanian (16/06/2022), Foto: MS

Cianjur, 20 Juni 2022
Penulis berita         :   Maman Suratman, SP.
Editor/Verifikator :   Suhardi, SH, M.Pd., Drs. Hamdan Nasution, Sujadi
Penanggung jawab :   Mochamad Eka Budiman, S.TP., M.IL.
Sumber/referensi   :   1. Panduan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tenaga Laboran
                                   2. Panduan Pelatihan Tenaga Administrasi
3. Liputan langsung


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Nungky fitri

Leave a Comment

five × 3 =