PELATIHAN UPSKILLING & RESKILLING ANGKATAN KE-2

Peserta Pelatihan Peningkatan Kompetensi (Upskilling dan Reskilling) Guru Produktif Angkatan-2 SMK Bidang Pertanian seluruh Indonesia saat mengikuti pembukaan (02/08/2022), Foto: MS

Cianjur, BBPPMPV Pertanian—Pelatihan Peningkatan Kompetensi (Upskilling dan Reskilling) Guru Produktif Angkatan ke-2 tahun 2022 kembali diselenggarakan, hal ini dilakukan guna meningkatkan kompetensi profesional, terkait teknis kejuruan sesuai bidang keahlian, yang terstandar, dan terbarukan sesuai kebutuhan dunia kerja.

Program Upskilling adalah program untuk meningkatkan kemampuan guru, sedangkan Reskilling adalah pelatihan kemampuan baru bagi para guru SMK.

Pelatihan Upskilling dan Reskilling Guru Produktif Angkatan ke-2 bidang pertanian kali ini diikuti oleh 75 peserta meliputi bidang Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura 25 orang, Agribisnis Tanaman Perkebunan 25 orang, dan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian 25 orang, berlangsung 01 s.d. 30 Agustus 2022 di BBPPMPV Pertanian Jalan Raya Jangari KM. 14 Sukajadi, Karangtengah, Cianjur-Jawa Barat.

Pelatihan Upskilling dan Reskilling Guru Produktif akan berlangsung selama 30 hari setara dengan 240 JP, dengan rincian selama 14 hari (01 s.d. 14 Agustus 2022) peserta akan diberikan pelatihan di BBPPMPV Pertanian, selanjutnya selama 11 hari (15 s.d. 25 Agustus 2022) peserta akan melaksanakan magang di industri, dan terakhir akan dilakukan uji kompetensi oleh asessor.

Pelatihan Upskilling dan Reskilling Guru Produktif Angkatan 2 dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Tata Usaha Hedi Holidin, SP.,M.Si. Dalam sambutannya Hedi Holidin mengatakan “… dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA) dan mitranya ini menjadi bagian dari program kerja kita ditambah dengan program penjaminan mutu yang telah dikembangkan sebelumnya, tetapi di tahun ini kita coba dengan menggunakan namanya Rakor Pendidikan, diharapkan SMK sudah membuka dan memilikinya dan bisa dilihat sebagai dasar analisis untuk pengembangan sekolah”, katanya.

Lebih lanjut Hedi Holidin mengatakan “…kegiatan Pelatihan Upskilling dan Reskilling secara khusus menggunakan alokasi dana BUN, ini mencirikan bahwa kegiatan ini diprioritaskan sebagai program nasional di Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi ”, ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya hedi holidin memberikan masukan agar setiap peserta merancang rencana aksi yang akan diterapkan di sekolah dan project apa yang dikerjakan di sekolah, pungkasnya.

Kepala Bagian Tata Usaha BBPPMPV Pertanian Hedi Holidin, SP.,M.Si., saat memberikan sambutan pada Pelatihan Peningkatan Kompetensi (Upskilling dan Reskilling) Guru Produktif Angkatan-2 SMK Bidang Pertanian seluruh Indonesia, (02/08/2022), Foto: MS

Foto bersama peserta Pelatihan Peningkatan Kompetensi (Upskilling dan Reskilling) Guru Produktif Angkatan-2 SMK Bidang Pertanian seluruh Indonesia (02/08/2022), Foto: MS

Cianjur, 03 Juli 2022
Penulis berita              :   Maman Suratman, SP.
Editor/Verifikator       :   Suhardi, SH, M.Pd., Drs. Hamdan Nasution, Sujadi
Penanggung jawab      :   Mochamad Eka Budiman, S.TP., M.IL.
Sumber/referensi        :   1. Panduan Pelatihan Upskilling dan Reskilling Guru Produktif angkatan 2
2. Liputan langsung


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Nungky fitri

Leave a Comment

sixteen − thirteen =