Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran

Penggunaan TIK dalam pembelajaran di era digital saat ini sudah menjadi suatu keharusan bagi pendidik. Atas dasar itu, PPPPTK Pertanian menyelenggarakan sebuah kegiatan kolaboratif antara Widyaiswara dan Pengembang Teknologi Pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Sidang Besar PPPPTK Pertanian pada tanggal 22 – 24 Januari 2020, diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari 17 orang PTP (Pengembang Teknologi Pembelajaran) dan 33 orang Widyaiswara, yang difasilitasi oleh Tim Pengembang Teknologi Pembelajaran dengan Departemen Sains Terapan, Otomatisasi Pertanian dan Pembelajaran Umum.

Materi yang disampaikan adalah pemanfaatan Google Applications (Google Drive, Google Form, Google Docs dan Google Sheets) dalam pengembangan media pembelajaran dan penggunaan kuis online interaktif yang disampaikan oleh tim PTP. Selama pelaksanaan kegiatan peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti setiap tahapan pembelajaran, yang dirancang menyenangkan dan interaktif melalui penggunaan kuis online Kahoot dan Quizizz.

“Kegiatan serupa diharapkan dapat dilaksanakan secara rutin sehingga transfer ilmu pengatahuan dan keterampilan TIK bagi Widyaiswara dan PTP meningkat serta kolaborasi diantara kedua jabatan tersebut dalam pelaksanaan diklat PPPPTK Pertanian lebih baik seiring dengan perkembangan teknologi.” Tegas Kepala Bidang Fasilitasi Peningkatan Kompetensi .


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

masdjadie

Leave a Comment

3 × 1 =