PPPPTK Pertanian Cianjur Melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah di Provinsi Aceh

Banda Aceh, Senin, 18 November 2019 – DR. Ir. R. Ruli Basuni, MP (Kepala PPPPTK Pertanian Cianjur) “Membuka Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Provinsi Aceh” di hotel Mekah Banda Aceh, kegiatan akan berlangsung dari tanggal 17 s.d. 23 November 2019.

Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah adalah peningkatan kompetensi Kepala Sekolah untuk memantapkan wawasan, pengetahuan, sikap, nilai, dan keterampilan dalam memimpin sekolah, khususnya pada dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial, sesuai tuntutan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Salah satu dasar pelaksanaan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah adalah petunjuk pelaksanaan pendidikan dan pelatihan penguatan Kepala Sekolah yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderar Guru dan Tenaga Kependidikan Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2019.

Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah bertujuan agar:

  1. Kepala Sekolah mampu memimpin dan mengelola sekolah;
  2. Kepala Sekolah menguasai seluruh dimensi kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya;
  3. Kepala Sekolah mampu menumbuh kembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial.
  4. Kepala Sekolah mampu memiliki performa sebagai kepala sekolah yang profesional bagi seluruh warga sekolah;
  5. Kepala Sekolah mampu menjadi contoh ketangguhan, optimisme, dan kreatifitas bagi seluruh warga sekolah di satuan pendidikan yang dipimpin.

Saat pembukaan Husni Tamrin (selaku penanggungjawab kegiatan diklat Pengutan Kepala Sekolah di Hotel Sulthan Internasional) menuturkan bahwa, tujuan diadakan diklat ini adalah untuk mensertifikasi Kepala Sekolah sesuai dengan Permendikbud No. 6 Tahun 2018. Dalam Permendikbud No. 6 Tahun 2018 Kepala Sekolah yang sedang menjabat dan belum memiliki Surat Tanda Tamat Pendidikan, wajib mengikuti dan wajib lulus pelatihan penguatan Kepala Sekolah. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa materi yang diberikan kepada peserta dikemas dalam bentuk workshop sebanyak 71 jam pertemuan. Pengajar diklat adalah Widyaiswara PPPPTK Pertanian dan dari Pengawas Dinas Pendidikan Provinsi Aceh yang sudah dinayatakan lulus saat TOT Calon Pengajar diklat Penguatan Kepala Sekolah (telah memiliki sertifikat khusus pengajar).

Sasaran kegiatan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Provinsi Aceh dibagi kedalam 3 (tiga) angkatan, pada angkatan 1 (satu) peserta yang dipanggil adalah 375 orang Kepala Sekolah yang diangkat sebelum bulan April tahun 2018 dibagi kedalam empat tempat kegiatan yaitu: di hotel Sulthan Internasional Banda Aceh 111 orang, di hotel Madinah Banda Aceh 72 orang, di hotel Mekkah Banda Aceh 111 orang dan di hotel Madinatul Zahra Banda Aceh 75 orang.

Seluruh peserta diklat akan mendapatkan materi-materi yang berkaitan dengan manajerial sekolah, di antaranya kebijakan kementerian, kebijakan pemerintah daerah, teknis analisis manajemen, pengembangan RKS dan pelaporan, pengelolaan keuangan, pengelolaan kurikulum, pengelolaan PTK, pengelolaan peserta didik, pengelolaan sarpras, supervisi dan PK Guru, supervisi dan PK Tendik, rencana PKB, kepemimpinan perubahan, pengembangan kewirausahaan, pengembangan sekolah berdasarkan 8 SNP.

Kegiatan yang diawali dengan pretest dan diakhiri dengan post test akan mengukur tiangkat keberhasilan diklat. Selain itu, peserta juga mendapatkan materi literasi digital yang digunakan untuk menguatkan program literasi di sekolah.


Was This Post Helpful:

1 votes, 5 avg. rating

Share:

masdjadie

Leave a Comment

four − three =