PPPPTK Pertanian Melaksanakan Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional 2 Mei Tahun 2019

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependiidkan (PPPPTK) Pertanian Cianjur melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) Tahun 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 2 Mei tahun 2019 bertempat di halaman Gedung Utama PPPPTK Pertanian Jl. Raya Jangari KM. 14, Sukajadi, Karangtengah, Cianjur. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai PPPPTK Pertanian baik PNS dan PPNPN, dalam kegiatan tersebut hadir pula perwakilan siswa/siswi dan guru dari SD, SMP, SMK, SMU yang berlokasi di sekitar PPPPTK Pertanian. Selain itu juga diikuti peserta Diklat Guru Adaftif dari seluruh Indonesia.

Dalam petikan sambutan Mendikbud yang dibacakan Kepala PPPPTK Pertanian “Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 13: menyebutkan “Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Adalah hal yang lumrah, dalam kontestasi demokrasi selalu meninggalkan jejak-jejak residual yang  bisa  menimbulkan keretakan  bahkan perpecahan. Dalam momentum seperti ini tanggung jawab nasional kita dipertaruhkan. Tanggung jawab untuk  selalu menjaga aset vital bangsa yang tak ternilai harganya, yaitu  semangat kerukunan,   persaudaraan, dan  persatuan.

“Terkait dengan itulah, maka tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019  adalah  “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.”  Tema  ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan  ekosistem  pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan  guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan, demikian tegasnya.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Sujadi

Leave a Comment

5 × 5 =