Selamat Ulang Tahun BBPPMPV Pertanian

Plt. Kepala BBPPMPV Pertanian (Supriyono, M.Si.) didampingi Widyaiswara (Dr. Ir. Gusrina, M.Si.) saat pemotongan tumpeng pada perayaan ulang tahun BBPPMPV Pertanian ke-31 (31/03/2022), Foto: MS

Cianjur, BBPPMPV Pertanian—Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian dirayakan secara sederhana di masa pandemi covid-19 yang belum kondusip diselenggarakan secara virtual bagi pegawai yang sedang WFH dan secara tatap muka bagi pegawai yang sedang WFO berlangsung Kamis, 31 Maret 2022 di Gedung Dewi Sartika BBPPMPV Pertanian, Jalan Raya Jangari KM. 14, Sukajadi, Karangtengah, Cianjur.

PPPPTK/PPPG Pertanian atau sekarang dikenal dengan nama BBPPMPV Pertanian diresmikan pada tanggal 9 Maret 1991, namun secara institusi lahir pada tanggal 14 Agustus 1990 dengan diterbitkannya SK Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 0529/0/1990.

BBPPMPV Pertanian di usianya yang menginjak 31 tahun senantiasa hadir dan terus membangun dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia unggul melalui pendidikan dan pelatihan bagi pendidik dan tenaga kependidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang pertanian serta mengedukasi masyarakat terkait dengan program-program pendidikan vokasi secara menyeluruh di lingkungan Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek di seluruh Indonesia.

Pada momen HUT BBPPMPV Pertanian yang ke 31 juga disosialisasikan Program Reformasi Birokrasi ZI (Zona Integritas), WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani), sebagaimana diketahui pada tahun 2020 BBPPMPV Pertanian mendapatkan Predikat WBK dan di tahun 2022 ini ditargetkan meraih predikat WBBM. Semangat meraih predikat WBBM dilakukan dengan memberikan motivasi untuk membangkitkan  dan menyemangati kepada seluruh pegawai agar sama-sama berjuang untuk meraih predikat WBBM tersebut. Bentuk motivasi digaungkan dengan membuat yel-yel sebagai berikut “SEMANGAT REFORMASI BIROKRASI YES, MARI KITA BANGUN ZI WBK MENUJU WBBM YES-YES, WBBM BBPPMPV PERTANIAN OKE”.

Foto bersama Plt. Kepala BBPPMPV Pertanian (Supriyono, M.Si.) bersama staf pada perayaan HUT BBPPMPV Pertanian ke-31, (31/03/2022), Foto: MS

Dalam sambutannya Plt. Kepala BBPPMPV Pertanian (Supriyono, M.Si.) mengatakan “….. inovasi yang kita buat, membuat galeri materi kejuruan, yang ini adalah platform pembelajaran secara virtual dan ternyata di BBPPMPV Pertanian juga sudah membuat yang pertama yaitu SIMFAL (Sistem Informasi Manajemen Fasilitasi) untuk kediklatan dan yang kedua adalah Vedca Mobile dimana saya lihat didalamnya sudah memenuhi kategori inovasi, karena salah satu komponen dalam meraih ZI WBK/WBBM adalah adanya inovasi, katanya”.

Lebih lanjut Supriyono menyampaikan, saya melihat potensi BBPPMPV Pertanian begitu besar, untuk itu mari betul-betul kita garap menjadi sesuatu yang inovasi menjadi sesuatu yang menghasilkan, produktifitas yang tinggi, menjadi sesuatu yang dapat memberikan kesejahteraan untuk kita semua, pungkasnya.

Selama 31 tahun mengabdi sebagai abdi negara, BBPPMPV Pertanian banyak torehan prestasi yang diraih, diantaranya: 

  • 2003  :   Menerapkan ISO 9001:2000 pertama kali di lingkungan Kemendiknas
  • 2006  :   Meraih Presiden Award berupa untuk Pelayanan Publik
  • 2007  :   Piala Anindiguna dalam Penerapan ISO 17025 untuk Penerapan Manajemen Laboratorium Uji Mutu Produk-Produk Pangan
  • 2007 dan 2008: Juara Umum Karya Ilmiah Widyaiswara Nasional
  • 2010  :   Menerapkan ISO 14001 tentang Lingkungan pertama kali di lingkungan PPPPTK
  • 2019  :   Penghargaan Role Model Penyelenggaraan Pelayanan Publik Terbaik 2019 dan Mewakili Kemdikbud
  • 2019  : Memperoleh Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja (SAKIP) dalam Kategori BB, dengan nilai 74,44
  • 2020  :  Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja (SAKIP) dalam Kategori A, dengan nilai 80,18
  • 2020  :  Mendapatkan Predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi)
  • 2020  : Penyelenggara Pelayanan Publik kategori Pelayanan Prima

Acara perayaan HUT BBPPMPV Pertanian diisi juga dengan tausiah yang disampaikan oleh Ustadz Yudi Hermawan dari Cianjur dengan tema “Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriyah” dan diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Plt. Kepala BBPPMPV Pertanian.

Cianjur, 05 April 2022

Penulis berita           :    Maman Suratman, SP.
Editor/Verifikator     :    Suhardi, SH, M.Pd., Drs. Hamdan Nasution, Sujadi
Penanggung jawab   :    Mochamad Eka Budiman, S.TP., M.IL.
Sumber/referensi       :    Hasil liputan dan Website BBPPMPV Pertanian


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Restu Aulia

Leave a Comment

5 × 3 =