Seleksi Substansi Calon Kepala Sekolah di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi Mohammad Solihin (tengah) dan Kepala BBPPMPV Pertanian Raden Ruli Basuni (mengenakan kemeja putih) saat Pembukaan Seleksi Substansi Calon Kepala Sekolah di lingkungan Disdik Kabupaten Sukabumi (26/10) Foto: MS

Cianjur, BBPPMPV Pertanian—Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi didampingi Kepala Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian membuka secara resmi Seleksi Substansi Bakal Calon Kepala Sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Selasa 26 Oktober 2021 di SMP Negeri 1 Cikembar.

Kegiatan Seleksi Substansi Calon Kepala Sekolah terlaksana atas kerjasama Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi dengan Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian Cianjur, yang  akan berlangsung selama empat hari mulai tanggal 25 s.d. 28 Oktober 2021.

Kepala BBPPMPV Pertanian Raden Ruli Basuni, dalam sambutannya mengatakan “…. terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi yang telah memberikan kepercayaan kepada BBPPMPV Pertanian untuk ikut serta berkontribusi di dalam program Seleksi Substansi Bakal Calon Kepala Sekolah, dan mengucapkan terima kasih kepada perwakilan asessor yang berkenan hadir dalam kegiatan ini” ungkapnya. Raden Ruli Basuni berpesan jika nanti para calon kepala sekolah lulus dan ditakdirkan menjadi kepala sekolah, harapannya bisa menghasilkan peserta didik atau lulusan yang unggul dan tangguh memberikan kontribusi yang positif bagi Kabupaten Sukabumi, pungkasnya.

Kepala BBPPMPV Pertanian Raden Ruli Basuni saat memberikan sambutan pada pembukaan Seleksi Substansi Bakal Calon Kepala Sekolah di lingkungan Disdik Kabupaten Sukabumi, (26/10) Foto: MS

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi Mohammad Solihin saat memberikan pengarahan pada Pembukaan Seleksi Substansi Bakal Calon Kepala Sekolah di lingkungan Disdik Kabupaten Sukabumi, (26/10) Foto: MS

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Mohammad Solihin, dalam sambutannya mengatakan “….salah satu faktor terpenting untuk meningkatkan kualitas suatu lembaga adalah ditentukan oleh pemimpinnya, demikian juga kualitas sekolah ditentukan oleh kepala sekolahnya” ungkapnya.

Lebih lanjut Mohammad Solihin mengatakan, bahwa sebelum mengikuti Seleksi Substansi Bakal Calon Kepala Sekolah ini, seluruh peserta telah mengikuti terlebih dahulu tes administrasi sebagai kewenangan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, katanya.

Mohammad Solihin menjelaskan bahwa Seleksi Substansi Calon Kepala Sekolah bertujuan untuk menilai kemampuan, kekuatan, kesanggupan, dan daya kepemimpinan yang dimiliki oleh Bakal Calon Kepala Sekolah yang memungkinkan dapat dikembangkan. Mengakhiri sambutannya Mohammad Solihin menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi tentu saja sangat berharap agar seluruh peserta Seleksi Substansi Bakal Calon Kepala Sekolah dapat lulus dengan baik, karena sampai hari ini sebanyak 327 sekolah yang di PLT-kan, terdiri 276 pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan 51 pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN), belum lagi Kepala SekolahSD dan SMP per 01 Desember 2022 akan memasuki masa pensiun yang jumlahnya 187 orang, untuk itu agar seluruh peserta lebih bersemangat dalam mengikuti seleksi ini, pungkasnya.

Cianjur, 01 November 2021
Penulis berita           : Maman Suratman, SP.  
Editor/Verifikator    : 1. Husni Tamrin, SP.,M.Ed.
2. Sujadi
Penanggung jawab   : Dr. Iip Ichsanudin, S.S.,M.A.

                                     


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Restu Aulia

Leave a Comment

seventeen + 13 =