SELEKSI TAHAP 4 PENGEMBANGAN PRODUK KREATIF

Ir. Anfila Sujarwati, MP., salah satu peserta asal SMKN 1 Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat saat mempresentasikan produk kreatifnya “Pemanfaatan Limbah Kulit Jeruk Lemon Dalam Pembuatan Makujeon (Minyak Atsiri Kulit Jeruk Lemon)” (12/08), Foto: MS

 

Cianjur, BBPPMPV Pertanian— Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian kembali menyelenggarakan Pengembangan Produk Kreatif melalui Seleksi Tahap 4 (Presentasi Tatap Muka), berlangsung tanggal, 11 s.d. 14 Agustus 2021 bertempat di Ruang Sidang Besar dan Gedung Dewi Sartika BBPPMPV Pertanian, Jalan Raya Jangari KM. 14, Sukajadi, Karangtengah, Cianjur, Jawa Barat.

Berdasarkan pedoman pengembangan produk kreatif, terdapat 4 tahapan seleksi yaitu, seleksi tahap 1 (administrasi proposal), seleksi tahap 2 dan 3 (presentasi daring), dan seleksi tahap 4 (presentasi tatap muka) yang merupakan seleksi terakhir sebagai penilaian secara langsung terhadap kelayakan implementasi dari produk kreatif yang diajukan oleh peserta.

Seleksi tahap 4 bertujuan melakukan penilaian secara langsung terhadap presentasi yang dilakukan peserta untuk menentukan 15 peserta dari jumlah 20 peserta yang terseleksi pada tahap 1 sampai tahap 3 yang akan melanjutkan ke tahap implementasi produk kreatif.

Peserta seleksi tahap 4 berjumlah 20 peserta, 19 orang peserta merupakan guru SMK Negeri dari seluruh Indonesia, dan 1 orang peserta adalah widyaiswara BBPPMPV Pertanian. Sementara tim Juri terdiri dari 8 orang widyaiswara dan PTP BBPPMPV Pertanian, 1 orang DUDIKA, 3 orang guru SMK, dan 1 orang LSSM-IQS.

Saat di wawancara, Kepala BBPPMPV Pertanian Dr. Ir. Raden Ruli Basuni, MP. mengatakan “….melalui program link and match antara SMK dengan IDUKA sebagai langkah awal untuk guru-guru SMK Pertanian memulai dan dapat menunjukkan kompetensi yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan industri dan mempunyai daya inovasi dan kreatifitas supaya terus berkembang, ungkapnya.

Mengakhiri wawancara, Kepala Balai berpesan “…..tingkatkan komptensi inovasi dan kreatifitas berkelanjutan, perkuat soft skill dan hard skill yang inonatif dan kreatif, dan perkuat kolaborasi antara SMK dan IDUKA sebagai pemicu untuk mencetak peserta didik berdaya saing di abad 21”, pungkasnya.

 

Cianjur, 18 Agustus 2021
Penulis berita             :    Maman Suratman, SP.
Editor/Verifikator      :    Husni Tamrin, SP.,M.Ed. & Sujadi
Penanggung jawab     :    Dr. Iip Ichsanudin, S.S.,M.A.
Sumber referensi        :    Panduan Seleksi Tahap 4 (Presentasi Tatap Muka) Pengembangan Produk Kreatif


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Restu Aulia

Leave a Comment

10 + seventeen =