SESDITJEN DIKSI HADIRI RAKOR BBPPMPV PERTANIAN DENGAN DUDIKA

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Sesditjen Diksi) Dr. Wartanto, MM. saat memberikan pengarahan pada Rapat Koordinasi (Rakor) BBPPMPV Pertanian dengan DUDIKA (01/06/2022), Foto: Suhardi

Yogyakarta, BBPPMPV Pertanian—Proses koordinasi dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDlKA) merupakan salah satu strategi prioritas yang dilakukan oleh Balai Besar Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian dalam meningkatkan mutu pendidikan vokasi.

Untuk mewujudkan program tersebut, BBPPMPV Pertanian menyelenggarakan Rakor Persiapan Peningkatan Kompetensi Guru Produktif dengan DUDIKA dan Rakor Penyusunan Kebutuhan Dunia Kerja. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 30 Juni s.d 2 Juli 2022, bertempat di Hotel Tara Jl. Magelang No. 129, Kricak, Kec. Tegalrejo, Yogyakarta dan dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala BBPPMPV Pertanian Supriyono, M.Si.

Rakor dihadiri pula Sesditjen Diksi Dr. Wartanto, Plt. Kepala BBPPMPV Pertanian Supriyono, M.Si., Koordinator Bidang Penjaminan Mutu dan Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Mulyono, MM.Pd., dan Koordinator Bidang Program, Data, Inovasi dan Kemitraan Dr. Iip Ichsanudin, perwakilan Widyaiswara dan PTP, dan perwakilan DUDIKA.

Plt. Kepala BBPPMPV Pertanian Supriyono, M.Si. (mengenakan batik merah) saat membuka Rakor BBPPMPV Pertanian dengan DUDIKA (01/06/2022), Foto: Suhardi

Koordinator Bidang Penjaminan Mutu dan Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Mulyono, MM.Pd. Saat memandu diskusi kelompok pada  Rakor BBPPMPV Pertanian dengan DUDIKA (01/06/2022), Foto: Suhardi

Sesditjen Diksi Dr. Wartanto dalam arahannya mengatakan “…. tantangan kedepan pendidikan vokasi lebih kompetitip, sekarang ini isunya pengangguran masih tinggi juga, untuk itu Presiden Jokowi memberikan atensi yang luar biasa terhadap pendidikan vokasi”, ujarnya. 

Lebih lanjut Wartanto mengatakan, “…kolaborasi pendidikan vokasi bukan sekedar kita hanya merespon keinginan DUDIKA, tetapi kita sudah merespon masa depan anak kita, jangan sampai anak-anak kita kedepan menjadi penonton tenaga kerja di pegawainya sendiri, anak-anak kita tetap menjadi buruh bekerja dengan kualifikasi tertentu,” tegasnya.

Rakor penyusunan kebutuhan dunia kerja bertujuan melakukan koordinasi dalam penyusunan kebutuhan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja guna mempersiapkan kolaborasi pendidikan vokasi melalui kegiatan pelatihan, penelitian dan  magang industri berdasarkan nota kesepahaman antara BBPPMPV Pertanian dengan DUDIKA.

Melalui kegiatan rakor penyusunan kebutuhan dunia kerja diharapkan dapat:

  1. Disepakatinya nota kesepahaman (MoU) sebagai dasar kerjasama;
  2. Diperoleh data DUDIKA sebagai tempat pelatihan;
  3. Diperoleh data DUDIKA sebagai tempat magang industri dan uji kompetensi;
  4. Diperoleh data DUDIKA sebagai tempat penelitian;
  5. Diperoleh kebutuhan kompetensi soft skill dan hard skill untuk mendukung penyelenggaraan program pendidikan vokasi.

Komitmen para pihak dalam menyukseskan program ini diharapkan bisa terwujud melalui kebijakan link and match antara dunia Pendidikan Vokasi (DIKSI) dengan DUDlKA.

Peserta Rakor BBPPMPV Pertanian dengan DUDIKA (01/06/2022), Foto: Suhardi

Peserta Rakor BBPPMPV Pertanian dengan DUDIKA saat mengikuti sesi diskusi/kerja kelompok (01/06/2022), Foto: Suhardi

Koordinator Bidang Program, Data, Inovasi dan Kemitraan Dr. Iip Ichsanudin saat memberikan paparan pada  Rakor BBPPMPV Pertanian dengan DUDIKA (01/06/2022), Foto: Suhardi

Cianjur, 04 Juli 2022
Penulis berita              :   Maman Suratman, SP.
Editor/Verifikator       :   Suhardi, SH, M.Pd., Drs. Hamdan Nasution, Sujadi
Penanggung jawab      :   Mochamad Eka Budiman, S.TP., M.IL.
Sumber/referensi        :   1. Panduan Rapat Koordinasi Penyusunan Kebutuhan Dunia Kerja
                                        2. Liputan langsung


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Nungky fitri

Leave a Comment

thirteen + nine =