Penilaian Kepuasan Pelayaan

Hasil Survey Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan


Metode yang digunakan untuk survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan berdasarkan Permenpan dan RB Nomor 67 Tahun 2011 tentang Pedoman Evaluasi Kelembagaan Pemerintah dengan menggunakan Perspektif pada Balanced Scorecard yaitu perspektif proses internal, perspektif pengguna layanan, perspektif pemangku kepentingan, dan perspektif organisasi pembelajar.

Keempat perspektif tersebut adalah:

1. Perspektif proses internal, adalah proses sebuah organisasi dalam rangka mencapai visi dan misi organisasi tersebut. Dalam sebuah organisasi perspektif ini merupakan unsur utama. Aspek/ komponen dalam Perspektif proses internal, yaitu visi dan misi, rencana strategis, tugas dan fungsi, struktur organisasi, program dan kegiatan, dan ketatalaksanaan.

Perspektif proses internal mendapat bobot 30%, karena termasuk unsur utama dalam setiap organisasi.

2.    Perspektif pengguna layanan, menggambarkan bagaimana pengguna layanan melihat dan memandang sebuah organisasi. Hal tersebut dapat diketahui dari tingkat kepuasan, pengguna layanan, dan kemampuan mempertahankan pengguna layanan baik internal maupun eksternal. Aspek pada komponen ini yaitu kebijakan, mekanisme/standar operasional pelayanan, sumber daya manusia pelayanan, informasi produk layanan, waktu layanan dan biaya.

Perspektif pengguna layanan mendapat bobot 25%.

 3.    Perspektif pemangku kepentingan, menggambarkan bagaimana sebuah organisasi dapat memanfaatkan atau memberdayakan sumberdaya yang ada dalam mencapai visi, misi, dan tujuan organisasi. Komponennya yaitu sumber daya manusia, sarana dan prasarana dan anggaran.

Perspektif pemangku kepentingan mendapat bobot 25%.

4.    Perspektif organisasi pembelajar, bagaimana organisasi tersebut dapat mewujudkan proses belajar yang terus menerus dengan mengintegrasikan kemampuan sumberdaya manusia dengan teknologi yang terus berkembang. Perspektif Organisasi Pembelajar, dengan aspek/komponen tingkat keahlian sumber daya manusia, komitmen pegawai, komitmen pimpinan dan budaya kerja organisasi. Perspektif Organisasi Pembelajar, dengan bobot 20%.

Keempat perspektif tersebut disusun dalam bentuk kuesioner sebagai salah satu instrumen dalam evaluasi organisasi.

Hasil Evaluasi Organisasi (Internal) PPPPTK Pertanian 2016