Workshop Reviu Finalisasi dan Keterbacaan Modul PKB

PPPPTK Pertanian tahun 2019 melaksanakan Kegiatan Workshop Reviu Finalisasi dan Keterbacaan yang dipusatkan di dua tempat yaitu: di Hotel Aston Pasteur Bandung dan di hotel New Shafir Jogjakarta. Kegiatan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 1 s.d 4 Mei 2019. Kegiatan tersebut diikuti oleh     140 orang guru mewakili 16 paket kompetensi, 16 orang Widyaiswara PPPPTK Pertanian sebagai Narasumber dan 16 orang Admin.

Tampak dalam gambar Tim Reviwer modul PKB, didampingi Widyaiswara PPPPTK Pertanian dan admin tengah berdiskusi membincangkan konten materi modul PKB.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalnya (Permeneg PAN dan RB no. 16 Tahun 2009). Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru nantinya diharapkan dapat berhubungan secara langsung terhadap kualitas pembelajaran di dalam kelas kepada siswa di sekolah

Dampak dari perkembangan teknologi dan informasi yang demikian pesat melatar belakangi urgensi pelaksanaan peningkatan kompetensi tenaga pendidik. Oleh karena itu, bahan ajar atau modul yang digunakan dalam diklat pendidik dan tenaga kependidikan harus diupayakan selaras dengan tuntutan kemajuan jaman.

Modul diklat kejuruan yang tersedia di PPPPTK Pertanian pada awalnya merupakan Modul  Guru Pembelajar yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Guru sesuai dengan Permendiknas Nomer 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Saat ini kompetensi-kompetensi yang ada dalam SKG  belum diselaraskan dengan  SKKNI/KKNI apalagi dengan spektrum Pendidikan Menengah Kejuruan (SMK), Suatu keniscayaan bahwa modul tersebut harus diselaraskan dengan SKKNI/KKNI dan spektrum PMK.

Modul PKB yang telah disusun di PPPPTK Pertanian Cianjur juga perlu diselaraskan dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan khususnya tentang Pendidikan Karakter peserta didik.  Penumbuhan  karakter positif pada peserta didik SMK dimulai dengan penumbuhan karakter positif pendidiknya. Oleh karenanya, modul-modul pelatihan yang digunakan khususnya modul diklat PKB  harus dirancang secara sistimatis agar dapat menumbuhkan karekter positif Guru dan mengakomodir era revolusi industry 4.0 menuju era baru pertanian (smart farm)

Mengingat kondisi demikian, diperlukan reviu modul, supaya modul  sesuai dengan pola sertifikasi keahlian yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dalam rangka memenuhi Juknis PKB. Melalui kegiatan reviu dan keterbacaan modul, PPPPTK Pertanian Cianjur diharapkan mampu menyediakan materi ajar (modul) bagi peserta diklat yang sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan perkembangan dalam hal pengembangan mutu, keterampilan, dan kompetensi pendidikannya.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Sujadi

Leave a Comment

2 × 4 =