BBPPMPV PERTANIAN BERMITRA DENGAN KELOMPOK TANI BONSAI MANDE MANDIRI

Cianjur–Jumat (12/02/2021) Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian sudah bermitra dengan Kelompok Tani Bonsai Mande Mandiri, kerjasama tersebut dalam bidang pengembangan bonsai. Lahan yang digunakan untuk pengembangan bonsai tersebut yaitu di Blok I lahan BBPPMPV Pertanian, Jalan Raya Jangari KM. 14, Sukajadi, Karangtengah, Cianjur, Jawa Barat. Saat ini lahan yang digunakan untuk pengembangan dan koleksi bonsai seluas 7.100 meter persegi.

Dalam wawancara dengan reporter Tim Medsos BBPPMPV Pertanian, Hidayat (Ketua Kelompok Tani Bonsai Mande Mandiri) yang didampingi Budi Radiansyah (inisiator pengembangan bonsai BBPPMPV Pertanian) mengatakan “jenis tanaman yang dibudidayakan di lahan tersebut sekitar 20 jenis tanaman yaitu : pohon tausi kalimantan, pohon sancang, anggur brazil, sianci,  lohansung, anting putri, asam jawa, serut dan pikus (beringin), semua jenis tanaman ini berpotensi dijadikan bonsai”.

Lebih lanjut Hidayat mengatakan sangat berterimakasih kepada Tim Kemitraan BBPPMPV Petanian yang telah memberi kesempatan untuk bermitra dengan kelompok tani yang dipimpinnya, beliau berharap bahwa dengan telah bermitra dengan BBPPMPV Pertanian, semoga kedepannya dapat pula terjalin kemitraan dengan lembaga pendidikan kejuruan dibawah binaan BBPPMPV Pertanian khususnya teknik membonsai kepada siswa SMK Pertanian dalam rangka penguatan vokasinya.

Lebih jauh Hidayat berharap tumbuhnya kesadaran masyarakat bahwa mencari tanaman bonsai tidak harus berburu ke hutan, karena dapat merusak lingkungan. Bagi masyarakat Cianjur bisa mendatangi Kelompok Tani Bonsai Mande Mandiri di BBPPMPV Pertanian dan bisa langsung belajar cara membonsai sendiri karena biayanya lebih mudah dan murah,” pungkasnya.

Ketua Kelompok Tani Bonsai Mande Mandiri Hidayat (kiri) bersama Budi Radiansah-Tim Pecinta Bonsai BBPPMPV Pertanian (kanan), saat melakukan wawancara di lahan bonsai milik BBPPMPV Pertanian (11/02/2021)

 

Cianjur, 12 Februari 2021
Penulis berita              :    Maman Suratman, SP.
Editor/Verifikator      :    Husni Tamrin, SP.,M.Ed.
Penanggung jawab     :    Dr. Iip Ichsanudin, S.S.,M.A.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Nungky fitri

Leave a Comment

sixteen + four =