BBPPMPV Pertanian Melaksanakan Rapat Koordinasi Teknis Program Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan SMK Berstandar Industri

Kepala BBPPMPV Pertanian (Dr. Ir. R Ruli Basuni, MP/2 dari kiri) saat membuka Rapat Koordinasi Teknis Program Upskilling dan Reskilling Guru SMK Berstandar Industri (9/09/2021), Foto: Eva

Jogjakarta-Hotel Tara, Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis Program Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan Berstandar Industri. Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 (tiga) hari dimulai hari Kamis tanggal 9 September sampai dengan tanggal 11 September 2021.  Kegiatan dibuka oleh Dr. Ir. Raden Ruli Basuni, MP (Kepala BBPPMPV Pertanian) dan didampingi oleh Hedi Holidin, SP., M.Si (Kepala Bagian Tata Usaha), Mulyono, S.Sos., M.M.Pd (Koordinator Program Fasilitasi Peningkatan Kompetensi) dan Husni Tamrin, SP., M.Ed (Sub. Koordinator Program). Hadir sebagai narasumber melalui media zoom meeting/Online Sulistiyo, M.BA (Sub. Koordinator Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Kerja dan Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi).

Dr. Ir. R. Ruli Basuni, MP dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari rapat koordinasi teknis program Upskilling dan Reskilling guru kejuruan SMK berstandar industri antara BBPPMPV Pertanian dengan DUDIKA adalah dalam rangka sinkronisasi kurikulum pelatihan dan kesepakatan pemetaan materi pembelajaran antara BBPPMPV Pertanian dengan DUDIKA.

Dalam Paparannya Sulistiyo, M.BA (Narasumber) menyampaikan bahwa “Program Upskilling dan Reskilling Guru SMK Berstandar Industri merupakan salah satu program prioritas dari Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan DUDI, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi bagi guru kejuruan SMK sesuai dengan standar Industri, Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA). Program ini telah dilaksanakan pada tahun 2020 bagi guru kejuruan SMK yang termasuk ke dalam 4 (empat) bidang prioritas pengembangan SMK sebagai Pusat Keunggulan (Center of Excellence) yaitu manufaktur dan konstruksi, ekonomi kreatif, pelayanan keramahan (hospitality), dan pelayanan sosial (care services)”.

Lebih lanjut Sulistiyo menyampaikan bahwa “Upskilling dapat diartikan sebagai pelatihan berbasis industri bagi tenaga pendidik yang berorientasi pada peningkatan level kompetensi teknis/kejuruan/kerja yang telah dimiliki sebelumnya. Sedangkan reskilling dapat diartikan sebagai pelatihan berbasis industri bagi tenaga pendidik yang berorientasi pada penguasaan kompetensi teknis/kejuruan/ kerja yang belum dikuasai sebelumnya. Program pelatihan tersebut dilakukan oleh Industri dan/atau lembaga pendidikan dan pelatihan yang memiliki kerjasama dengan DUDIKA dan/atau lembaga pendidikan dan pelatihan yang mendukung peningkatan kompetensi teknis/kejuruan/kerja”:.

BBPPMPV Pertanian merupakan salah satu unsur yang terlibat dalam program ini sebagai penyelenggara yang bermitra dengan Industri dalam proses pembelajaran luring guna penguatan kompetensi keahlian dan uji kompetensi keahlian berbasis industri. Guna mempersiapkan penyelenggaraan program secara keseluruhan maka perlu dilaksanakan rapat koordinasi antara pengelola kegiatan, fasilitator diklat, dan mitra industri yang berperan dalam seluruh proses pembelajaran.

Rapat Koordinasi Teknis Program Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan Berstandar Industri dihadiri oleh 37 peserta, dengan rincian 17 orang dari DUDIKA dan 22 orang dari BBPPMPV Pertanian. Rakor teknis tersebut telah menghasilkan kesepakatan terkait Kurikulum dan materi yang akan diberikan kepada peserta pelatihan Upskilling dan Reskilling selama mengikuti pelatihan di BBPPMPV Pertanian, magang serta UKK di DUDIKA dan menyusun rencana kebutuhan alat dan bahan yang diperlukan dalam menunjang pelaksanaan pelatihan tersebut.

Semoga pelaksanaan pelatiha Upskiling dan Reskilling  guru kejuruan SMK berstandar industri yang akan dilaksanakan pada minggu ketiga bulan September 2021 berjalan lancar sesuai rencana dan memberikan manfaat bagi BBPPMPV Pertanian, DUDIKA, guru, sekolah dan insan Pendidikan kejuruan pada umumnya.

Jogjakarta, 10 September 2021.
Penulis berita            :    Husni Tamrin, SP.,M.Ed.
Editor/Verifikator    :    Hedi Holidin, SP., M.Si. dan Sujadi
Penanggung jawab   :    Dr. Iip Ichsanudin, S.S.,M.A.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Restu Aulia

Leave a Comment

5 × 5 =