BBPPMPV PERTANIAN MELAKUKAN KUNJUNGAN KERJA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA KE KABUPATEN GARUT

Sekretaris Daerah Kabupaten Garut Drs. H. Nurdin Yana, MH. saat menerima tim kunjungan kerja BBPPMPV Pertanian program Imlementasi Kurikulum Merdeka di ruang kerjanya, Selasa (02/08), Foto: MS

Cianjur, BBPPMPV Pertanian—Guna melihat kesiapan satuan pendidikan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di wilayah Pemerintah Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat, Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melakukan kunjungan kerja ke beberapa satuan pendidikan dari berbagai jenjang di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, 02 s.d. 04 Agustus 2022.

Kunjungan kerja bertujuan untuk memperkuat sinergi dan dukungan pemerintah daerah kepada sekolah yang mengimplementasikan kurikulum merdeka secara mandiri dan meluruskan miskonsepsi masyarakat terutama pemangku kepentingan terkait guru, kepala sekolah, dinas pendidikan, pemerintah daerah, dan orang tua murid terkait kurikulum merdeka, dan sekaligus melihat kesiapan sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka jalur mandiri.

Agenda kunjungan kerja meliputi audiensi dengan kepala daerah, kunjungan kerja ke sekolah pendaftar implementasi kurikulum merdeka jalur mandiri berubah atau mandiri berbagi, dan mengisi form survei kunjungan kerja.

Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Nurdin Yana, menyampaikan komitmen untuk mendukung program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Ia menjelaskan siap mendukung sekolah-sekolah yang melaksanakan Kurikulum Merdeka secara murni dan mandiri demi pembelajaran yang berpihak kepada murid-murid atau anak-anak kita semua.

 “Nurdin Yana mengajak kepada semua pihak khususnya bapak dan ibu guru untuk saling berbagi dan belajar, gunakan berbagai sumber belajar yang tersedia untuk meningkatkan kompetensi diri demi memberikan darma bakti  layanan terbaik bagi anak-anak didik kita. Selamat dan sukses untuk semua sekolah yang telah mengimplementasikan kurikulum merdeka ini, khususnya di wilayah Kabupaten Garut dan umumnya di wilayah negara Republik Indonesia,” kata Nurdin Yana, saat diwawancara di ruang kerjanya, Selasa (02/08/2022).

Plt. Kepala BBPPMPV Pertanian, Supriyono, M.Si. melakukan audiensi dengan pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Garut berlangsung di Aula SD Yos Sudarso Jl. Ahmad Yani Nomor 17 Garut, Jawa Barat, dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan, Kasi Kurikulum SD, Koordinator Pengawas SD, Kepala PAUD dan Kepala SD Yos Sudarso, Guru SD dan PAUD Yos Sudarso dan Kepala SMPN 3 Tarogong, Selasa (02/08/2022).

“Tujuan kami ke sini untuk meninjau kesiapan implementasi kurikulum merdeka, kami yakin Bapak/Ibu sudah melaksanakannya, namun kami ingin melihat perkembangannya. Lalu tujuan lain kami ke sini juga untuk mendorong para guru dan kepala sekolah untuk menggunakan platform Merdeka Mengajar,” ujar Supriyono. 

Audiensi tim Kunjungan Kerja BBPPMPV Pertanian dengan Jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Garut di Aula SD Yos Sudarso,Selasa (02/08), Foto: MS

Foto bersama usai Audiensi tim Kunjungan Kerja BBPPMPV Pertanian dengan Jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Selasa (02/08), Foto: MS

Sesi audiensi diisi dengan diskusi dan tanya jawab dengan kepala sekolah dan guru-guru dan peserta lainnya terkait implementasi kurikulum merdeka. Setelah sesi audiensi usai, kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama dan observasi kegiatan belajar mengajar di kelas PAUD dan SD Yos Sudarso dan dilanjutkan ke SMPN 3 Tarogong Kabupaten Garut.

Plt. Kepala BBPPMPV Pertanian Supriyono saat melakukan observasi kegiatan belajar mengajar di kelas PAUD dan SD Yos Sudarso,

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Garut Muhamad Yusup Sapari, S.Pd.,M.M.Pd saat diwawancarai testimoni oleh tim kunjungan kerja BBPPMPV Pertanian di ruang kerjanya,

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Garut Muhamad Yusuf Safari mewakili Kepala Dinas Pendidikan, menyampaikan siap mendukung sekolah-sekolah untuk melaksanakan implementasi kurikulum merdeka.

“Dinas Pendidikan Kabupaten Garut telah melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya sosialisasi implementasi kurikulum merdeka mandiri yang disampaikan melalui korwil-korwil pendidikan, para koordinator pengawas, dan para kepala sekolah”, ungkapnya.

“Di Kabupaten Garut sudah banyak sekolah-sekolah yang melaksanakan implementasi kurikulum merdeka mandiri, selain itu banyak sekolah-sekolah dan guru-guru yang masuk pada program guru penggerak, oleh karena itu dengan pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka, semoga mutu pendidikan di Kabupaten Garut bisa lebih maju lagi”, pungkasnya.

Cianjur, 11 Agustus 2022
Penulis berita              :   Maman Suratman, SP.
Editor/Verifikator       :   Suhardi, SH, M.Pd., Drs. Hamdan Nasution, Sujadi
Sumber/referensi : 1. Kerangka Acuan Kegiatan Kunjungan Kerja Pimpinan ke Daerah Terkait Implementasi Kurikulum Merdeka
2.Liputan langsung


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Nungky fitri

Leave a Comment

18 − 15 =