BBPPMPV PERTANIAN SELENGGARAKAN KEMBALI PELATIHAN UPSKILLING & RESKILLING ANGKATAN KE-1

Kepala Bagian Tata Usaha Hedi Holidin, M.Si. saat memberikan sambutan pada Pelatihan Peningkatan Kompetensi (Upskilling dan Reskilling) Guru Produktif Angkatan 1 (13/07/2022), Foto: MS

Cianjur, BBPPMPV Pertanian—Balai Besar Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian kembali mengadakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi (Upskilling dan Reskilling) Guru Produktif Angkatan ke-1 tahun 2022 yang sebelumnya pernah diselenggarakan pada tahun 2021. Program Upskilling adalah program untuk meningkatkan kemampuan guru, sedangkan Reskilling adalah pelatihan kemampuan baru bagi para guru SMK.

Pelatihan Upskilling dan Reskilling Guru Produktif Angkatan ke-1 diikuti oleh 75 peserta yang merupakan guru produktif pada SMK Pertanian seluruh Indonesia yang meliputi bidang Agribisnis Tanaman 25 orang, Agribisnis Perikanan 25 orang, dan Agribisnis Peternakan 25 orang, yang akan berlangsung mulai 13 Juli s.d. 10 Agustus 2022 di BBPPMPV Pertanian Jalan Raya Jangari KM. 14 Sukajadi, Karangtengah, Cianjur-Jawa Barat.

Sasaran pelatihan sebanyak 224 peserta, yang terdistribusikan ke dalam 3 angkatan; angkatan 1 berjumlah 75 peserta, angkatan 2 berjumlah 75 peserta, dan angkatan 3 berjumlah 74 peserta.

Melalui Pelatihan Upskilling dan Reskilling Guru Produktif diharapkan:

  1. Meningkatnya kompetensi profesional, terkait teknis kejuruan sesuai bidang keahlian, yang terstandar, dan terbarukan sesuai kebutuhan Dunia Kerja;
  2. Guru terbiasa dengan iklim dan budaya kerja di dunia kerja serta dapat mengimbaskan kepada guru dan instruktur lain serta peserta didik sebagai bagian dari pengembangan softskill dan karakter;
  3. Meningkatnya kualitas pembelajaran dengan menggunakan metode dan pendekatan pembelajaran yang selaras dengan kebutuhan dunia kerja dalam mengimplementasikan kurikulum yang berlaku;
  4. Meningkatkan kemampuan kemitraan dan penyelarasan dengan Dunia Kerja.

Pelatihan Upskilling dan Reskilling Guru Produktif Angkatan 1 dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Tata Usaha Hedi Holidin, M.Si. Dalam sambutannya Hedi Holidin menyampaikan “… kegiatan ini menjadi sasaran utama yang ada di sasaran nasional termasuk dalam renstra BBPPMPV Pertanian, dari kegiatan ini diharapkan guru peserta menjadi agen perubahan di sekolah masing-masing, dan nantinya dapat menyampaikan ke guru-guru yang lain”, katanya.

Lebih lanjut Hedi Holidin mengatakan “… kegiatan ini memang didesain agar peserta pelatihan memperoleh suatu pengetahuan, keterampilan, dan hasil yang memberikan dampak yang positif bagi sekolah dan lingkungannya, dan nanti peserta akan dihadirkan suatu project base learning yang akhirnya akan diterapkan di sekolah masing-masing dan nantinya akan digunakan selama guru mengajar”, ungkapnya.

“Karena ini eranya sudah implementasi kurikulum merdeka, jadi tetap di materi upskilling akan mencerminkan kaidah-kaidah implementasi kurikulum merdeka, salah satunya adalah pelajaran pancasila dan implementasi kurikulum merdeka, jadi nanti pada saat disini akan lebih banyak ke pengetahuan kompetensi pedagogis dan, produktifnya”, ungkapnya.

“… setelah pelatihan disini nanti implementasinya adalah ketemu dengan pihak industri dan mengenal budaya industri seperti apa, mengimplementasikan nanti pada saat kebijakan RTL dan menjadi suatu bagian tugas yang nanti akan dikerjakan”, pintanya.

Mengakhiri sambutannya, Hedi Holidin berpesan “… komunikasi dan koordinasi menjadi sangat penting, karena untuk menjalin kerjasama itu tidak mudah, untuk itu perlu menjaga dan memeliharanya apa yang sudah terjalin, hal ini juga menjadi cerminan bagi sekolah khususnya SMK, karena SMK itu wajib link and match nya dengan industri.

Guru SMK perlu terus menerus mengupayakan agar kompetensi profesionalnya dapat mengikuti perkembangan teknologi dan pemanfaatannya di dunia kerja. Dengan demikian, pendidikan yang dikelolanya akan tetap relevan dan memenuhi kebutuhan Dunia Usaha, Dunia Industri, dan Dunia Kerja.

Foto bersama peserta Pelatihan Peningkatan Kompetensi (Upskilling dan Reskilling) Guru Produktif Angkatan ke-1 Bidang Agribisnis Tanaman usai pembukaan (13/07/2022), Foto: MS

Kegiatan Observasi peserta Pelatihan Peningkatan Kompetensi (Upskilling dan Reskilling) Guru Produktif Angkatan ke-1 Bidang Agribisnis Tanaman usai pembukaan (14/07/2022), Foto: Dito

Cianjur, 15 Juli 2022
Penulis berita              :   Maman Suratman, SP.
Editor/Verifikator       :   Suhardi, SH, M.Pd., Drs. Hamdan Nasution, Sujadi
Penanggung jawab      :   Mochamad Eka Budiman, S.TP., M.IL.
Sumber/referensi        :   1. Panduan Pelatihan Upskilling dan Reskilling Guru Produktif angkatan 1
2. Liputan langsung


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Nungky fitri

Leave a Comment

fifteen − 11 =