BBPPMPV PERTANIAN SELENGGARAKAN PELATIHAN BAGI DOSEN POLTEK DAN INSTRUKTUR KURSUS PADA LKP SELURUH INDONESIA

Kepala BBPPMPV Pertanian Dr. Yusuf, S.T.,M.T. saat membuka secara resmi Pelatihan Peningkatan Kompetensi Berstandar Industri bagi Dosen Poltek dan Instruktur Kursus pada LKP(19/09/2022), Foto: MS

Cianjur, BBPPMPV Pertanian—Salah satu program unggulan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) adalah meningkatkan kualitas pendidikan tinggi vokasi. Program unggulan tersebut salah satunya melalui peningkatan kapasitas serta memberikan kesempatan dosen untuk belajar pengelolaan perguruan tinggi yang baik.

Untuk lebih memperkuat kontribusi pendidikan tinggi vokasi dalam menyiapkan SDM yang memiliki daya saing dan unggul pada tahun 2022 Ditjen Diksi meluncurkan “Pelatihan Kompetensi Dosen Berbasis Kerjasama Industri pada Balai Besar/Balai Pengembangan Penjaminan  Mutu Pendidikan Vokasi Tahun 2022”.

Untuk mewujudkan program tersebut Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian petama kalinya menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Berstandar Industri bagi Dosen Poltek dan Instruktur Kursus pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) bidang pertanian seluruh Indonesia.

Sasaran pelatihan peningkatan kompetensi bagi tenaga Dosen Poltek berjumlah 105 orang peserta, terdiri 35 orang peserta Agribisnis Tanaman, 35 orang peserta Agribisnis Perikanan, dan 35 orang peserta Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, sedangakan sasaran pelatihan Instruktur Kursus pada LKP juga berjumlah 105 orang peserta, terdiri 35 orang peserta Agribisnis Tanaman, 35 orang peserta Agribisnis Perikanan, dan 35 orang peserta Agribisnis Peternakan, dan akan berlangsung mulai 19 September s.d. 10 Oktober 2022 di BBPPMPV Pertanian Jalan Raya Jangari KM. 14 Sukajadi, Karangtengah, Cianjur, Jawa Barat. .

Hasil yang diharapkan dari kegiatan pelatihan tenaga Dosen Poltek berstandar industri adalah:

  1. Mencapai keunggulan spesifik melalui peningkatan kompetensi dosen;
  2. Pembaruan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja agar sejalan dengan perkembangan industri;
  3. Membangun jejaring bersama dengan industri dalam rangka pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi;
  4. Melaksanakan pembelajaran dengan metode Project Based Learning (PBL);
  5. Membangun peta jalan pengembangan SDM yang strategis secara terukur dan terarah;
  6. Pendirian innovation center (corporate laboratory) di perguruan Tinggi Vokasi (PTV) dengan dukungan oleh mitra industri.

Sementara itu dari kegiatan pelatihan tenaga Instruktur pada LKP berstandar industri diharapkan peserta dapat:

  1. Meningkatkan penguasaan teknis dan teknologi termutakhir yang dipergunakan di dunia kerja, sesuai dengan bidang keterampilan yang diampu instruktur;
  2. Mengenalkan budaya dan etos kerja yang betlaku di dunia kerja untuk diimbaskan kepada instruktur lainnya dan peserta didik program kursus dan pelatihan di LKP.

Peserta Pelatihan Peningkatan Kompetensi Berstandar Industri bagi Dosen Poltek dan Instruktur Kursus pada LKP saat mengikuti pembukaan (19/09/2022), Foto: MS

Kegiatan pelatihan bagi tenaga Dosen Poltek dan Instruktur Kursus pada LKP dibuka secara resmi oleh Kepala BBPPMPV Pertanian Dr. Yusuf, S.T.,M.T. di Gedung Dewi Sartika BBPPMPV Pertanian Senin, 19 September 2022 di hadiri Kepala Bagian Umum Hedi Holidin, SP.,M.Si. Koordinator, Sub Koordinator, dan para Ketua Pengembang di lingkungan BBPPMPV Pertanian.

Dalam sambutannya Dr. Yusuf, S.T.,M.T., mengatakan bahwa untuk mencapai sumberdaya manusia (SDM) yang unggul itu ternyata tidak mudah, karena dengan tantangan dan hambatan di era globalisasi ini kita dituntut sebagai orang yang berkecimpung dalam pengembangan SDM di dunia pendidikan banyak sekali yang harus dilakukan perubahan-perubahan dan inovasi di dalam penerapan program merdeka belajar, tuturnya.

“Apa yang kita lihat sekarang bahwa ternyata banyak sekali paradigma yang dapat mempengaruhi perubahan, salah satunya dari esensi pendidikan, untuk itu kita coba melakukan perubahan transpormasi pendidikan, salah satunya di dalam materi pokok pelatihan dimasukannya pondasi materi Perubahan Mindset”, ungkapnya.

“Perubahan mindset itu ternyata tidak mudah, salah satu sulitnya perubahan mindset adalah sisi keegoan, terutama keegoan intelektual yang kadang-kadang kita selalu merasa sempurna, selain itu juga keegoan lingkungan, itu yang sulit untuk berubah”, katanya.

Mengakhiri sambutannya, Dr. Yusuf mengharapkan kepada para peserta pelatihan tenaga dosen dan instruktur agar selalu sungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini, kemudian keaktipannya serta kedisplinannya, karena salah satu mindset itu bisa berubah dengan membuang sifat keegoannya, pungkasnya.

Mengakhiri sesi pembukaan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Berstandar Industri bagi Dosen Poltek dan Instruktur Kursus pada LKP dilakukan foto bersama Kepala Balai dan jajarannya(19/09/2022), Foto: MS

Cianjur, 20 September 2022

Penulis berita           :  Maman Suratman, SP.
Editor/Verifikator   :  Suhardi, SH, M.Pd., Drs. Hamdan Nasution, Sujadi
Penanggung jawab   :  Mochamad Eka Budiman, S.TP., M.IL.
Sumber/referensi     :  1.    Panduan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Berstandar Industri bagi Dosen Poltek dan atau Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi

  • Panduan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Berstandar Industri bagi Instruktur Kursus
  • Liputan langsung

Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Nungky fitri

Leave a Comment

13 − eleven =