BBPPMPV PERTANIAN SELENGGARAKAN PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH SMK SE-PROVINSI BANTEN TAHUN 2022

Peserta dan fasilitator Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah saat mengikuti pembukaan di Gedung Dewi Sartika BBPPMPV Pertanian, (08/08/2022), Foto: MS

Cianjur, BBPPMPV Pertanian—Untuk menjamin pelaksanaan operasional Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dibutuhkan seorang kepala sekolah yang berkualitas. Selaras dengan Perdirjen Pendidikan Vokasi Nomor 20 Tahun 2021 tentang Panduan Umum Pelaksanaan Kegiatan Peningkatan Kualitas dan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Vokasi, maka perlu untuk meningkatkan kompetensi kepala SMK.

Dalam upaya mewujudkan program tersebut maka Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian menyelenggarakan pelatihan peningkatan kompetensi kepala sekolah, yang berlangsung 08 s.d. 13 Agustus 2022.

Melalui pelatihan peningkatan kompetensi kepala sekolah maka diharapkan :

  1. Memberikan penguatan terhadap kepala sekolah terkait implementasi kurikulum merdeka, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi dan kompetensi khusus (manajemen berbasis industri, kepemimpinan kepala sekolah).
  2. Memberikan pengalaman dan pengetahuan terhadap program terkini dalam pengembangan SMK agar kepala sekolah yang profesional bagi seluruh warga sekolah.

Pelatihan peningkatan kompetensi kepala sekolah diikuti oleh 75 peserta Kepala SMK se Provinsi Banten yang melaksanakan implementasi kurikulum merdeka.

Pelatihan peningkatan kompetensi kepala sekolah dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Tata Usaha Hedi Holidin, SP.,M.Si. Dalam sambutannya Hedi Holidin mengatakan “… ada empat provinsi yang menjadi wali bagi BBPPMPV Pertanian yaitu provinsi Banten, provinsi Kepulauan Riau, provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan provinsi  Papua”, katanya.

Lebih lanjut Hedi Holidin mengatakan “…kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi kepala sekolah diambil melalui perencanaan berbasis data yang telah dikumpulkan sebelumnya di salah satu sekolah di wilyah provinsi Banten yang sama-sama memahami apa itu perencanaan berbasis data dan implementasi kurikulum merdeka ”, ungkapnya.

“Empat wilayah ini adalah bagian dari tugas kami yang di berikan oleh Kemendikbudristek, menjadi prioritas utama dalam melaksanakan merdeka belajar khususnya implementasi kurikulum merdeka “ katanya.

“Mengakhiri sambutannya Hedi Holidin mengatakan, bahwa kompetensi kepala sekolah bukan hal yang mudah, karena tidak hanya butuh pengetahuan dan keterampilan tetapi ada juga seninya, seni memimpin, seni mengatur atau menggerakan organisasi, menggerakan sumberdaya yang ada untuk mencapai tujuan yang kita harapkan”, pungkasnya.

Kepala Bagian Tata Usaha BBPPMPV Pertanian Hedi Holidin, SP.,M.Si., saat memberikan sambutan pada pembukaan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah SMK se-provinsi Banten, (08/08/2022), Foto: MS

Foto bersama peserta Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah SMK se-provinsi Banten, (08/08/2022), Foto: MS

Mengakhiri acara pembukaan ditutup dengan pembacaan do’a oleh petugas panitia dan dilakukan foto bersama dari masing-masing kelas.

Cianjur, 10 Agustus 2022
Penulis berita              :   Maman Suratman, SP.
Editor/Verifikator       :   Suhardi, SH, M.Pd., Drs. Hamdan Nasution, Sujadi
Penanggung jawab      :   Mochamad Eka Budiman, S.TP., M.IL.
Sumber/referensi        :   1. Panduan Pelatihan Peningkatan Kepala Sekolah
2. Liputan langsung


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Nungky fitri

Leave a Comment

3 × 5 =