Kunjungan Kerja Sesditjen Diksi Ke BBPPMPV Pertanian

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Dr. Wartanto, M M. didampingi Kepala BBPPMPV Pertanian Dr. Ir. R. Ruli Basuni, M.P. saat berkunjung ke Laboratorium Kultur Jaringan BBPPMPV Pertanian, (07/10, Foto: MS)

Cianjur, BBPPMPV Pertanian—Pasca dilantiknya sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Sesditjen Diksi) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Dr. Wartanto, M.M. didampingi Koordinator Bidang Hukum, Tatalaksana, dan Kepegawaian Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Suparjo), melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian Cianjur – Jawa Barat Kamis, 07 Oktober 2021.

Setibanya di BBPPMPV Pertanian, beliau disambut Kepala BBPPMPV Pertanian (Dr. Ir. R. Ruli Basuni, M.P.), Kepala Bagian Tata Usaha (Hedi Holidin, S.P., M.Si.), Koodinator Kemitraan, Pengembangan Inovasi dan TIK (Dr. Iip Ichsanudin, S.S., M.A.), Koordinator Program Peningkatan Kompetensi PTK (Mulyono, S.Sos., M.M.Pd.), Sub Koordinator Kemitraan (Ir. Achmad Syaihu, M.Pd.), Sub Koordinator Program Peningkatan Kompetensi PTK (Husni Tamrin, S.P., M.Ed.), Sub Koordinator Tata Laksana Peningkatan Kompetensi PTK (Budi Harsono, S.Pd., M.MPd.), Pejabat Pembuat Komitmen/PPK (Drs. Soni Suseno, M.M.Pd.) dan Jabatan Fungsional Tertentu Pengembang Teknologi Pembelajaran (Dra. Nining Yuda Ningsih, M.M.Pd.). Tujuan utama kunjungan kerja ke BBPPMPV Pertanian adalah untuk koordinasi program Setditjen Diksi dalam rangka peningkatan kinerja Balai. Selain itu juga dalam membangun tali silaturrohim dengan keluarga besar BBPPMPV Pertanian dan melihat lebih dekat profil lembaga dengan segala aktivitas yang dilakukan Balai saat ini.

Meninjau koleksi anggrek Laboratorium Kultur Jaringan BBPPMPV Pertanian (07/10, Foto: MS)

Unit Kerja yang dikunjungi adalah Unit Pengembangan Agribisnis Tanaman dan Kehutanan, salah satunya meninjau aktivitas produksi laboratorium Kultur Jaringan dan kebun Hidroponik, dan memberikan pengarahan pada peserta Pelatihan Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan SMK Berstandar Industri angkatan 2, yang sedang mendapatkan materi kompetensi keahlian dengan melakukan praktik di lapangan.

Meninjau Uji Coba Budidaya Melon secara Hidroponik (07/10, Foto: MS)

Meninjau Teaching Factory Pengolahan Makanan Tradisional Jepang Aburage dan Natto Pada Unit Pengembang Agroindustri dan Teknik Kimia BBPPMPV Pertanian (07/10, Foto: MS)

Pada Unit Pengembangan Agroindustri dan Teknik Kimia, meninjau Teaching Factory Pengolahan Makanan Tradisional Jepang Aburage dan Natto, serta memberikan pengarahan pada peserta Pelatihan Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan SMK Berstandar Industri angkatan 2, yang sedang mendapatkan materi kompetensi keahlian dengan melakukan praktik pembuatan roti dan aneka kue.

Sementara pada Unit Pengembangan Agribisnis Perikanan, meninjau Teaching Factory Budidaya Ikan Nila Merah Model Bioflok, dan Budidaya Ikan Hias, serta memberikan pengarahan pada peserta Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Vokasi Penggerak angkatan 2.

Dr. Ir. Gusrina, M.Si. (Widyaiswara) saat menjelaskan Teaching Factory Unit Pengembang Agribisnis Perikanan kepada Sesditjen Diksi (Dr. Wartanto, M.M.) (07/10, Foto: MS)

Saat memberikan pengarahan pada peserta Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Vokasi Penggerak Angkatan 2. (07/10, Foto: MS)

Saat diskusi dan rehat jamuan makanan tradisional khas “Sunda” di Gazebo BBPPMPV Pertanian (07/10, Foto: MS)

Disela-sela diskusinya, Wartanto berharap BBPPMPV Pertanian tidak hanya menangani hulunya saja justru saat ini hilirnya nilai produktifnya lebih tinggi, perlu menangani pasca panen, butuh sentuhan teknologi imunya dan sentuhan teknologi alatnya, dan membantu pemasarannya. Melalui inovasi, BBPPMPV Pertanian bisa menghasilkan produk pertanian inovatif, misalnya semangka rasa durian, dan lain sebagainya sebagai hasil rekayasa genetika, selain itu aneka produk olahan hasil pertanian, seperti manisan, asinan, dan aneka olahan hasil pertanian lainnya, katanya.

Dalam satu pesan harapan, bisa saja di depan kantor dibuat Agrimart, diisi produk-produk pertanian dari hulu sampai hilir, dan bisa bekerja sama dengan pihak lain (pebisnis) dengan saling menguntungkan, pungkasnya.

Cianjur, 11 Oktober 2021
Penulis berita           : Maman Suratman, SP.
Editor/Verifikator    : Husni Tamrin, SP.,M.Ed. dan Sujadi
Penanggung jawab   : Dr. Iip Ichsanudin, S.S.,M.A.

           


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Restu Aulia

Leave a Comment

thirteen + twenty =