PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU VOKASI PENGGERAK

Koordinator Program dan Fasilitasi Peningkatan Kompetensi PTK BBPPMPV Pertanian
(Mulyono, S.Sos.,M.MPd.) membuka Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Vokasi Penggerak
(06/09/2021), Foto: MS

Cianjur, BBPPMPV Pertanian—Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mengamanatkan bahwa profesi guru merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan berdasarkan standar kompetensi sesuai bidang tugasnya dan pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan sepanjang hayat.

Undang-undang ini juga mengamanatkan adanya pembinaan dan pengembangan profesi guru sebagai aktualisasi dari profesi pendidik. Guru berhak memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi, pelatihan, dan pengembangan profesi dalam bidangnya.

Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), terutama guru muatan produktif/kejuruan, memiliki peran penting dalam mendidik siswa agar kompeten di bidang kejuruannya. Hal tersebut dikarenakan setelah menuntaskan pendidikan di SMK, lulusan SMK harus dinyatakan siap untuk bekerja.

Untuk mendukung peningkatan dan pemerataan kompetensi guru kejuruan SMK Bidang Pertanian, Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Penggerak dilaksanakan secara blended (daring dan luring) dengan durasi  5 Bulan,  yaitu tanggal 12 Juli sampai dengan  6 November 2021 yang  terbagi ke dalam 3 angkatan dan 4 tahap) kegiatan yaitu materi Umum 2 JP, materi pokok 258 JP (daring 36 JP, luring 74 JP, magang di industry 100 JP, Uji Kompetensi Keah;ian 48 JP), materi penunjang 5 JP total 265 Jam pelajarantahap (JP).

Pada hari Senin tanggal 6 September 2021 telah dilaksanakan pembukaan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Vokasi Penggerak untuk daring Angkatan 3 dan untuk luring Angkatan 3. Kegiatan

berlangsung  dari tanggal 6 sampai dengan tanggal 15 September 2021 bertempat di BBPPMPV Pertanian Jalan Raya Jangari KM. 14, Sukajadi, Karangtengah, Cianjur, Jawa Barat.

Peserta pelatihan adalah guru produktif pada SMK Negeri dan swasta bidang pertanian seluruh Indonesia sebanyak 80 orang untuk program keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian 20 orang, Agribisnis Tanaman 20 orang, Agribisnis Perikanan 20 orang, dan Agribisnis Peternakan 20 orang.

Selama kegiatan pelatihan berlangsung, peserta diwajibkan mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19 yang telah ditetapkan panitia dengan sangat ketat, hal ini dilakukan agar setiap peserta tetap sehat dan terhindar wabah virus corona. Pemeriksaan Swab/Rapid Antigent dilakukan ketika peserta tiba di BBMPV Pertanian dan saat kepulangan. Untuk pelayanan akomodasi setiap kamar penginapan hanya diisi satu orang peserta, sementara pelayanan konsumsi sistem parasmanan ditiadakan diganti dengan sistem nasi box dan diantar ke setiap kamar.

Sub Koordinator Program Fasilitasi Peningkatan Kompetensi PTK BBPPMPV Pertanian
(Husni Tamrin, SP., M.Ed.) memberikan laporan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi
Guru Vokasi Penggerak (06/09/2021), Foto: MS

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Vokasi Penggerak dibuka oleh Koordinator Program dan Fasilitasi Peningkatan Kompetensi PTK BBPPMPV Pertanian (Mulyono, S.Sos.,M.MPd.) mewakili Kepala BBPPMPV Pertanian, sementara laporan kegiatan disampaikan oleh Sub Koordinator Program Fasilitasi Peningkatan Kompetensi PTK BBPPMPV Pertanian (Husni Tamrin, SP., M.Ed.).

Nuraini SMK Negeri 1 Logas Tanah Darat Provinsi Riau, Bidang Keahlian ATR, saat dimintai komentarnya mengatakan “….sangat bersyukur bisa terpilih menjadi peserta pelatihan peningkatan kompetensi guru penggerak vokasi angkatan 1, saya akan mengikuti pelatihan ini dengan baik supaya nanti saya bisa memperoleh pengalaman dan ilmu di bidangnya dan nantinya bisa saya ajarkan kepada siswa saya disekolah, terima kasih kepada panitia penyelenggara”, ungkapnya.

Kuncoro Sabdo, S.P., SMK Negeri 1 Campaka Cianjur, Bidang Keahlian ATPH, “….berkomentar walaupun kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Vokasi Penggerak ini sempat terganggu oleh Pandemi sehingga ada penundaan, namun pada dasarnya kami bersyukur atas  kesempatan ini pemanggilan, kegiatan yang difasilitasi oleh BBPPMPV Pertanian banyak sekali hambatan namun atas komitmen kami atas nama peserta pelatihan berterima kasih banyak sehingga kegiatan ini tetap berjalan  tentu dg protokol yg ketat.”, ujarnya.

Lebih lanjut Kuncoro mengatakan, “….. dan kami menilai penyelenggaraan pelatihan ini cukup baik, hal ini kami rasakan langsung dari awal sejak proses pelaksanaan daring hingga luring kali ini. Penerimaan terasa hangat, pelayanan prima, semoga kegiatan ini bisa berjalan lancar hingga magang dan UKK diahir nanti. Insyaallah ilmu yg kami terima sangat bermanfaat baik bagi saya secara pribadi maupun bagi sekolah dan utamanya bagi siswa siswi di SMK tercinta”, ungkapnya.

 

Cianjur, 08 September 2021
Penulis berita           :  Maman Suratman, SP.
Editor/Verifikator    :  Husni Tamrin, SP.,M.Ed. dan Sujadi
Penanggung jawab   :  Dr. Iip Ichsanudin, S.S.,M.A.
Sumber referensi      :  – Panduan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Vokasi Penggerak, Wawancara dengan peserta


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Sujadi

Leave a Comment

eleven − 4 =