RAPAT KOORDINASI LINK AND MATCH BBPPMPV PERTANIAN DENGAN DUDI AGROWISATA

Cianjur, BBPPMPV Pertanian—Senin (12/04/2021) Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Link and Match bersama DUDI bidang Agrowisata. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari yaitu dari tanggal 7 s.d. 9 April 2021, bertempat di BBPPMPV Pertanian, Jalan Raya Jangari KM. 14, Sukajadi, Karangtengah, Cianjur, Jawa Barat.

Ir. Achmad Syaihu, M.Pd. (Sub Koordinator Kemitraan BBPPMPV Pertanian) sebagai ketua panitia penyelenggara dalam laporannya menyampaikan, ….”maksud dan tujuan diselenggarakan rakor link and match bersama DUDI bidang Agrowisata adalah tersusunnya keselarasan antara BBPPMPV Pertanian dengan DUDI bidang Agrowisata”, katanya. “Dengan adanya rakor link and match BBPPMPV Pertanian dengan DUDI bidang Agrowisata merupakan program BBPPMPV Pertanian sebagai acuan untuk mewujudkan dan implementasi SMK membangun desa pada sektor agrowisata maupun eduwisata sebagai pendekatan dan peningkatan investasi untuk pedesaan dimana SMK Pertanian yang berada di daerah tersebut berperan untuk mendorong kemajuan desa dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru” pungkasnya.

drh. Sugeng Pujiono (Pengusaha Kopi Luwak Cikole) yang bertindak sebagai narasumber pada kegiatan tersebut berpandangan, “…BBPPMPV Pertanian sebagai pusat pelatihan bidang pertanian, memiliki sumber daya alam, sumber daya manusia serta sarana prasarana yang cukup lengkap dan potensial, maka layak untuk dikembangkan menjadi area agrowisata berbasis edukasi”, ungkapnya.

Lebih lanjut Sugeng Pujiono mengatakan “manfaat yang diperoleh, selain masyarakat mendapatkan informasi yang benar mulai dari cara pembibitan, budidaya hingga hasil pengolahan proses pasca panen, juga akan menjadi kawasan perekonomian baru. Dampaknya, tentu masyarakat akan menjadi lebih sejahtera”, katanya.

Peserta Rakor saat Berkunjung ke Koleksi Tanaman Hias Departemen ATPH

“Rapat koordinasi link and match antara BBPPMPV Pertanian dengan para pelaku dunia usaha dan industri (DUDI) bidang agrowisata pada hari ini sungguh tepat, pada rapat hari ini, Dudi mendapatkan informasi yang cukup lengkap tentang potensi yang dimiliki oleh BBPPMPV Pertanian. Selain itu, DUDI juga memberikan masukan tentang konsep agrowisata yang berjalan selama ini di lokasi masing-masing. Yang tidak kalah pentingnya, DUDI yang hadir pada hari ini bisa dijadikan mitra untuk berkolaborasi dengan BBPPMPV Pertanian dalam merealisasikan rencana agrowisata di tempat ini”, pungkasnya.

Melalui kegiatan Rapat Koordinasi  Link and Match antara BBPPMPV Pertanian dengan DUDI bidang Agrowisata, diharapkan dapat tersusunnya keselarasan antara BBPPMPV Pertanian dengan DUDI bidang Agrowisata, semoga terwujud.

Widyaiswara BBPPMPV Pertanian (Karywan Perangin Angin) memakai kaos hijau saat menjelaskan budidaya ikan nila merah kepada peserta rakor, Jum’at (09/04/2021) Foto: MS
Kepala BBPPMPV Pertanian (Dr. Ir. R. Ruli Basuni, MP.) saat membuka Rapat Koordinasi
Link and Match bersama DUDI bidang Agrowisata Foto: MS

Cianjur, 12 April 2021

Penulis berita              :    Maman Suratman, SP.
Editor/Verifikator      :    Husni Tamrin, SP.,M.Ed. dan Sujadi
Penanggung jawab     :    Dr. Iip Ichsanudin, S.S.,M.A.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Sujadi

Leave a Comment

5 × three =