Dharma Wanita

Sejarah Dharma Wanita Persatuan (DWP) berawal pada 5 Agustus 1974 saat organisasi para istri Pegawai Republik Indonesia pada masa Pemerintahan Orde Baru itu dibentuk dengan nama Dharma Wanita. Organisasi ini didirikan oleh Ketua Dewan Pembina KORPRI saat itu, Amir Machmud, atas prakarsa Ibu Tien Soeharto sebagai Ibu Negara. Pada waktu itu Dharma Wanita beranggotakan para istri Pegawai Negeri Sipil, anggota ABRI yang dikaryakan, dan pegawai BUMN.

Pada Era Reformasi, tahun 1998, organisasi wanita ini melakukan perubahan mendasar. Tidak ada lagi muatan politik dari pemerintah, Dharma Wanita menjadi organisasi sosial kemasyarakatan yang netral dari politik, independen, dan demokratis.

Nama Dharma Wanita kemudian berubah menjadi Dharma Wanita Persatuan. Penambahan kata ‘Persatuan’ disesuaikan dengan nama Kabinet Persatuan Nasional, di bawah kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid. Perubahan organisasi ini tidak terbatas pada penambahan kata ‘Persatuan’ namun juga berubah menjadi organisasi yang mandiri dan demokratis.

Pada Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Dharma Wanita yang diselenggarakan pada tanggal 6-7 Desember 1999, seluruh rancangan Anggaran Dasar disahkan dan menetapkan Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan terpilih, Ny. Dr. Nila F Moeloek. Pokok-pokok perubahan organisasi Dharma Wanita yang ditetapkan pada Munaslub, antara lain :

  1. Nama organisasi berubah menjadi Dharma Wanita Persatuan.
  2. Istilah Istri Pegawai Republik Indonesia diganti menjadi Istri Pegawai Negeri Sipil Republik Indonesia.
  3. Penegasan sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang bergerak di bidang pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya.
  4. Penegasan sebagai organisasi nonpolitik.
  5. Penerapan demokrasi dalam organisasi (ketua umum dan ketua pada unsur pelaksana dipilih secara demokrasi).

Dharma Wanita Persatuan Unit BBPPMPV Pertanian Cianjur

Sejarah Dharmawanita BBPPMPV Pertanian Cianjur tidak lepas dari perkembangan BBPPMPV Pertanian itu sendiri, PPPG/PPPPTK Pertanian atau sekarang dikenal dengan nama BBPPMPV Pertanian diresmikan pada tanggal 9 Maret 1991, namun secara institusi lahir pada tanggal 14 Agustus 1990 dengan diterbitkannya SK Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 0529/0/1990.

Dharma Wanita Persatuan Unit  BBPPMPV Pertanian Cianjur adalah organisasi kemasyarakatan yang beranggotakan para istri Pegawai Negeri Sipil di BBPPMPV Pertanian Cianjur yang mempunyai tugas pokok :

  1. Membina anggota dalam memperkukuh persatuan dan kesatuan
  2. Meningkatkan kepedulian sosial
  3. Membina mental dan spiritual anggota untuk menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bermoral tinggi, berkepribadian, serta berbudi pekerti yang luhur melalui kegiatan dalam bidang Pendidikan, Ekonomi, dan Sosial Budaya

Visi :

Menjadi organisasi istri Pegawai Negeri Sipil yang kukuh bersatu dan mandiri.

Misi :

Mensejahterakan anggota melalui Bidang Pendidikan, Bidang Ekonomi dan Bidang Sosial Budaya Secara Demokratis. 

Dharma Wanita Persatuan Unit BBPPMPV Pertanian Cianjur adalah organisasi kemasyarakatan yang beranggotakan para istri Pegawai Negeri Sipil di lingkungan BBPPMPV Pertanian Cianjur  yang mempunyai tugas pokok :

  1. Membina anggota dalam memperkukuh persatuan dan kesatuan
  2. Meningkatkan kepedulian sosial
  3. Membina mental dan spiritual anggota untuk menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bermoral tinggi, berkepribadian, serta berbudi pekerti yang luhur melalui kegiatan dalam bidang Pendidikan, Ekonomi, dan Sosial Budaya 

MOTO Dharmawanita BBPPMPV Pertanian Cianjur

‘BERSAMA KITA BISA’

Alamat : Jl. Jangari KM 14 Desa Sukajadi Kecamatan Karangtengah , Cianjur , Jawa Barat

Email

Web : https://p4tkpertanian.kemdikbud.go.id/5987-2/

Medsos

Sumber Pustaka :

(https://ro-organisasi.jatimprov.go.id/dwp/sejarah)

(https://www.google.com/search?client=firefox-b-d&q=sejarah+bbppmpv+pertanian)

(http://bpkad.bungokab.go.id/pages/visi-dan-misi-dharma-wanita-persatuan)

Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share this

Nungky fitri