Sesditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Buka Diklat Online Guru SMK Pertanian dan Teknik Kimia Tahap 2 Angkatan 1

Cianjur–Senin (10/08/2020). Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian menggelar Diklat Daring bagi Guru SMK Pertanian dan Teknik Kimia Tahap 2, Angkatan 1 yang berlangsung dari tanggal 3 s.d. 18 Agustus 2020. Pembukaan secara resmi melalui video converence oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Sesditjen Diksi Kemendikbud) Henri Togar Hasiholan Tambunan, Senin 3 Agustus 2020 di Ruang Sidang Besar BBPPMPV Pertanian, Jalan Raya Jangari KM. 14, Sukajadi, Karangtengah, Cianjur.

Dalam sambutannya, Sesditjen Diksi Kemendikbud menyampaikan: “…setelah bergabungnya BBPPMPV Pertanian yang sebelumnya PPPPTK Pertanian, tentunya juga ada perubahan visi dan misi, yang sebelumnya arahnya ke GTK mainded menjadi ke arah peningkatan kualitas satuan pendidikan vokasi, khususnya SMK sesuai arahan Dirjen Pendidikan Vokasi. Kami tunggu inovasi-inovasinya untuk peningkatan kualitas guru-guru, kualitas Kepala Sekolah, maupun kualitas dari pada murid-murid SMK kedepannya.” Demikian tegasnya.

Sebelumnya, Kepala BBPPMPV Pertanian (Raden Ruli Basuni) dalam laporannya menyampaikan “…selama pandemik Covid-19, BBPPMPV Pertanian telah mempersiapkan Program Diklat Daring bagi Guru-guru SMK Kejuruan Pertanian dan Teknik Kimia. Yang pertama adalah Diklat Daring bagi Guru Produktif Tanaman Pangan dan Hortikultura, Peternakan, Perikanan, dan Agroindustri; Yang kedua adalah Diklat Daring Pengembangan Keprofesionalan Metodologi Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Digitalisasi Bahan Ajar; Yang ketiga Diklat Daring Pedagogik tentang RPP Kejuruan yang meliputi tiga komponen inti, yaitu Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian Pembelajaran atau Assesmen; Yang keempat adalah Diklat Daring Adaftif bagi Guru Kejuruan.”

Lebih lanjut, Kapus mengatakan “…untuk tahap 2 angkatan 1, jumlah peserta sekitar 1.300 orang, terdiri dari 33 mata diklat yang meliputi kategori Adaftif dan Otomatisasi Pertanian, Media Pembelajaran, Agroindustri dan Teknik Kimia, Peternakan, Produksi Tanaman, Produksi Perikanan, Pedagogik, dan Umum. Tujuan dari diklat daring ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan kinerja peserta untuk menunjang efektivitas pembelajaran di kelas, serta untuk meningkatkan penguasaan materi, struktur, konsep, pola pikir keilmuan, dan aplikasi dari keilmuan teoritis” tambahnya.

Mengakhiri kegiatan pembukaan Diklat Daring bagi Guru SMK Pertanian dan Teknik Kimia Tahap 2 angkatan 1, ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Anton Kartiwa.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Nungky fitri

Leave a Comment

12 + 2 =