SISWA/I MADRASAH TSANAWIYAH TANWIRIYYAH SINDANGLAKA CIANJUR MELAKUKAN OBSERVASI DI BBPPMPV PERTANIAN

Salah seorang Widyaiswara bidang keahlian perkebunan BBPPMPV Pertanian Nanang Ahdiat saat memandu siswa/i Madrasah Tsanawiyah Tanwiriyyah Sindanglaka Cianjur pada kegiatan observasi (11/11), Foto: MS

Cianjur, BBPPMPV Pertanian—Melakukan tugas observasi lingkungan menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan, terutama oleh sekolah dengan mata pelajaran tertentu. Mengerjakan tugas observasi lingkungan sangat penting dan memiliki beberapa manfaat. Bahkan tugas ini tidak hanya diberikan kepada anak di usia belia untuk lebih mengenal lingkungan mereka. Berkaitan dengan itu, sebanyak 70 siswa/i Madrasah Tsanawiyah Tanwiriyyah Sindanglaka Cianjur melakukan observasi lapangan di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian pada hari Kamis, tanggal 11 November 2021.

Rombongan siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Tanwiriyyah Sindanglaka Cianjur yang akan melakukan observasi dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Tanwiriyyah Sindanglaka Cianjur H. Jamil Munawir, S.Ag.,MM. dan diterima secara simbolis oleh Ketua Pengembangan Agribisnis Tanaman dan Kehutanan Ir. Iskandar Hadiyanto, MM. mewakili Kepala BBPPMPV Pertanian bertempat di Ruang Tutorial Agribisnis Tanaman BBPPMPV Pertanian.

Kegiatan observasi tersebut 70 orang siswa, dibagi kedalam 4 kelompok: kelempok 1 observasi pada tanaman hidoponik dan kultur jaringan, kelompok 2 observasi di bioteknologi, kelompok 3 observasi di agribisnis tanaman perkebunan dan kehutanan, dan kelompok 4 observasi di agribisnis tanaman hortikultura.

Kegiatan observasi tersebut bertujuan untuk mempelajari ilmu pertanian antara lainL: tanaman pangan dan hortikultura, tanaman perkebunan dan kehutanan, bioteknologi, kultur jaringan tanaman dan hidroponik, serta peluang bisnisnya (agribisnis).

Selama kegiatan observasi berlangsung, siswa-siswi diwajibkan mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19 yang telah ditetapkan panitia dengan sangat ketat, hal ini dilakukan agar setiap peserta tetap sehat dan terhindar wabah virus corona.

Disela-sela berlangsungnya observasi, Kepala Madrasah Tsanawiyah Tanwiriyyah Sindanglaka Cianjur (H. Jamil Munawir, S.Ag.,MM.) mengatakan, “….kegiatan observasi merupakan program Madrasah Tsanawiyah Tanwiriyyah Sindanglaka Cianjur yang sudah lama dicanangkan, namun terkendala karena situasi pandemi Covid-19 yang belum kondusif, tuturnya”.

H. Jamil Munawir lebih lanjut menjelaskan bahwa kunjungan observasi bertujuan untuk membekali para siswa-siswi agar kelak hidup mandiri di masa yang akan datang dengan dibekali keahlian, tidak hanya cerdas tetapi juga terampil, hal ini sudah menjadi tanggung jawab sebagai pimpinan sekolah terhadap anak didiknya, untuk itulah setiap tahun siswa/i terakhir kelas 9 sengaja dibawa ketempat-tempat tertentu untuk belajar di luar sekolah melalui observasi lapangan, seperti halnya ke BBPPMPV Pertanian/Vedca ini, katanya.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Tanwiriyyah Sindanglaka Cianjur H. Jamil Munawir, S.Ag., MM. (mengenakan batik) didampingi salah seorang guru pembimbing lapangan Dik Dik Sadikin, S.Pd.I. saat diwawancarai oleh tim laman dan medsos BBPPMPV Pertanian (11/11), Foto: MS

Lebih lanjut H. Jamil Munawir mengatakan, sebagai kepala madrasah berkeinginan agar siswa lulusan Madrasah Tsanawiyah Tanwiriyyah Sindanglaka mempunyai wawasan, kemandirian, kewirausahaan, dan sebagainya sebagai kunci pintu keterbukaan, ungkapnya.

“Sebagai warga Cianjur merasa bangga dengan adanya BBPPMPV Pertanian/VEDCA ini, mengapa tidak dimanfaatkan oleh kami sebagai warga Cianjur, mudah-mudahan ke depannya kami bisa bekerjasama memanfaatkan balai ini, dan berharap manusia-manusia Indonesia yang banyak bersyukur yang dapat memanfaatkan alam yang indah ini yang disediakan oleh Allah SWT untuk kepentingan umat semua, dan menghatuturkan terima kasih atas kesediaannya menerima kami, pungkasnya”.

Salah seorang Guru Pembimbing siswa (Encep Samsudin), ketika dikonfirmasi mengatakan goal dari observasi ini yaitu agar anak-anak mendapat wawasan dan pengetahuan yang baru tentang pertanian yang ada di Indonesia, apalagi sekarang menerapkan teknologi, dan BBPPMPV Pertanian/VEDCA dirasa sudah komprehensif, sarananya, lahannya,  sangat memadai, “ ucapnya.

Sementara itu para siswa peserta observasi memberikan komentar “…. sangat senang, mendapat pengalaman baru, senang dapat mempelajari tanaman, sangat berkesan, dan kagum,” katanya.

Siswa/i Madrasah Tsanawiyah Tanwiriyyah Sindanglaka Cianjur dan pemandu BBPPMPV Pertanian Edi Suwarno (mengenakan jaket biru) dan Wawan (mengenakan batik) foto bersama sesaat setelah memandu observasi di unit tanaman hortikultura, (11/11), Foto: MS

Maria Theresia (mengenakan batik pink) bersama siswa/i Madrasah Tsanawiyah Tanwiriyyah Sindanglaka Cianjur foto bersama sesaat setelah memandu observasi di Unit Kultur Jaringan Tanaman, (11/11), Foto: MS

Ketua Pengembangan Agribisnis Tanaman dan Kehutanan Ir. Iskandar Hadiyanto, MM. (mengenakan kemeja putih) saat menerima cinderamata dari panitia observasi siswa/i Madrasah Tsanawiyah Tanwiriyyah Sindanglaka Cianjur , (11/11), Foto: MS

Cianjur, 12 November 2021
Penulis berita           : Maman Suratman, SP.            
Editor/Verifikator   : 1. Husni Tamrin, SP.,M.Ed.
                                2. Sujadi
Penanggung jawab   : Dr. Iip Ichsanudin, S.S.,M.A.
Sumber/referensi     : Wawancara dengan Kepala Sekolah, Guru, siswa


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Nungky fitri

Leave a Comment

three − 3 =